Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Oktober 14, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Subsidi Dicabut, Pendapatan Tingkat Konsumsi Masyarakat Menurun
  • Follow Us!

Subsidi Dicabut, Pendapatan Tingkat Konsumsi Masyarakat Menurun 

BERITA SEMARANG – Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah, M. Chamim Irfani menyatakan, perekonomian Jawa Tengah tumbuh cepat pada triwulan ketiga 2017 yakni 5,13 persen. Angka itu, lebih tinggi dari angka pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya 5,06 persen. Akan tetapi, pendapatan dan tingkat konsumsi masyarakat Jateng malah menurun.

Hal itu, dikatakannya, usai Diskusi Prime Topic on Campus yang digelar MNC Trijaya FM Semarang dengan tema ‘Pertumbuhan Ekonomi Untuk Siapa’ yang berlangsung di Kampus Unimus Semarang, Kamis (14/12//2017).

“Penurunan pendapatan dan konsumsi masyarakat dikarenakan dampak perekonomian tahun 2016, sehingga target pendapatan tidak terlampaui,” ujarnya.

Oleh karena itu, mengakibatkan belanja konsumsi pemerintah berkurang. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga berpengaruh yang mana pembangunan tersebut juga mengambil alih lahan pertanian yang tentunya berdampak pada sektor pertanian.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Hardiwinoto menambahkan, bahwa dicabutnya subsidi oleh Pemerintah yang dialihkan ke prioritas pembangunan berpengaruh terhadap penurunan pendapatan dan tingkat konsumsi masyarakat.

Menurutnya, subsidi yang telah dicabut karena dialihkan ke infrastukrur, sehingga membuat tingkat konsumsi masyarakat semakin menurun. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments