Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Desember 15, 2017
Halaman Home » Berita Daerah » BNNP Jateng Musnahkan 751,06 Gram Narkotika Jenis Shabu
  • Follow Us!

BNNP Jateng Musnahkan 751,06 Gram Narkotika Jenis Shabu 

BERITA SEMARANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng musnahkan narkotika golongan 1 jenis shabu sebanyak 751,06 gram.

Pemusnahan tersebut menjalankan mandat Pasai 91 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika yang memerintahkan pemusnahan barang bukti narkotika dan berdasarkan penetapan status barang bukti yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Semarang.

“Barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 751,06 gram dari 811,94 gram yang disita, sementara sisanya 60,88 gram kita disisihkan untuk pembuktian di persidangan,” ungkap Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo saat pemusnahan barang bukti narkotika jenis shabu di kantor BNNP Jateng, Kamis (7/12/2017)

Pengungkapan kasus narkotika tersebut berawal pada Rabu, 8 November 2017. Barang bukti berhasil disita dari tersangka Dedi Kenia S yang ditangkap di lampu merah Jalan Raya Setia Budi tepatnya di gerbang masuk patung kuda Undip Semarang pada saat tersangka Dedi membawa kantong plastic warna biru muda yang didalamnya terdapat 2 pasang (4 buah) sandal wanita.

“Didalam masing-masing sandal tersebut terdapat serbuk putih yang diduga narkotika jenis shabu seberat 200 gram, total barang bukti shabu yang disita adalah 800 gram,” ujar Tri Agus.

Menurutnya, narkotika jenis shabu tersebut diperoleh tersangka Dedi atas perintah dari seorang narapidana LP Pekalongan yang bernama Cristian Jaya Kusumaa alias Sancai.

Sebelumnya, pada Senin 6 November 2017, tersangka Dedi juga mengambil narkotika jenis shabu seberat 1 kg dengan modus sama yakni disimpan dalam sandal dan diedarkan di wilayah Semarang. 

Atas perbuatanya para tersangka akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) sub Pasal 132 ayat (1) Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksima! hukuman mati.

“Untuk Sancai akan ditambah pasal 144 (tentang pangulangan perbuatan pidana narkotika salama masa penahanan) dengan pemberatan hukuman berupa penambahan sepertiga dari hukuman biasa,” kata Tri Agus.

Para tersangka saat ini ditahan di BNNP Jateng untuk melengkapi berkas perkara selama proses penyidikan. (Nining)

Biro Semarang 

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments