Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Desember 9, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » PVMBG: Gunung Agung Berpotensi Kembali Meletus Lagi
  • Follow Us!

PVMBG: Gunung Agung Berpotensi Kembali Meletus Lagi 

BERITA BALIGunung Agung berpotensi meletus lagi karena hingga saat ini tremor terus terjadi dan terekam seismograf yang hingga kini aktivitas erupsi Gunung Agung masih terus berlangsung.

“Walaupun sinyal tremor ini tinggi, namun saat kondisi rendah emisi abu tetap terus berlangsung,” terang Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana, Kamis (30/11/2017).

Dikatakannya, dari data satelit, pertumbuhan lava di dalam kawah Gunung Agung masih terus berlangsung sejak dua hari lalu. Hal itu menandakan bahwa erupsi pembuka terus terjadi dan mulai bertransisi dari erupsi freatik menjadi erupsi magmatik.

Pihaknya belum dapat memastikan apakah letusan akan makin besar atau kecil dibandingkan dengan letusan pada 1963. “Potensi erupsi Gunung Agung masih besar dan kami terus mengikuti perkembangan data dan melakukan assesment maupun mengestimasi kira-kira seluas apa ancaman bahanya,” kata dia.

Hingga saat ini sambungnya, hasil assesment PVMBG menyatakan, ancaman erupsi Gunung Agung dengan zona radius bahaya delapan kilometer dengan perluasan sektoral masih 10 kilometer ke arah utara, timur laut, tenggara, selatan, dan barat daya.

Terkait gempa yang terjadi gempa pada Rabu (29/11/2017) dengan getaran 3,1 SR dia berpendapat hal itu mengindikasikan masih adanya suplai magma. Walaupun gempa itu dilaporkan tektonik lokal, namun berkaitan dengan Gunung Agung.

Saat ini tambah Devy, jalur magma sudah terbuka hingga permukaan kawah Gunung Agung. Artinya dengan jumlah gempa di bawah 10 SR sudah bisa mengakibatkan erupsi.

“Selama 24 jam, PVMBG merekam adanya sedikit aktivitas vulkanik 32 kali pada Rabu (29/11/2017) dan pada Jumat merekam hanya lima kali gempa vulkanik,” pungkasnya. (CR-3)

Comments

comments