Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, November 24, 2017
Halaman Home » Nasional » Wakil Ketua KPK, Laode: Periksa Setnov Tak Harus Izin Presiden
  • Follow Us!

Wakil Ketua KPK, Laode: Periksa Setnov Tak Harus Izin Presiden 

BERITA JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif mengatakan, bahwa pihaknya tidak harus mengantongi izin Presiden untuk memeriksa Setya Novanto.

Menurutnya, aturan terkait hal ini sudah jelas dan tak perlu diperdebatkan. “Tidak perlu izin Presiden sama sekali, kok, tidak harus izin. Baca saja aturannya, kan, sudah ada putusan MK tidak mewajibkan adanya izin dari Presiden,” tegasnya.

Dijelaskannya, pada Pasal 245 Ayat 1 Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang sudah diuji materi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) mensyaratkan pemeriksaan anggota DPR harus seizin Presiden.

Namun sambungnya, pada Pasal 245 Ayat 3 menyatakan, bahwa ketentuan Ayat 1 tidak berlaku apabila anggota DPR melakukan tindak pidana khusus, termasuk kasus korupsi.

Dikatakan, Laode, alasan Novanto yang enggan menghadiri pemeriksaan karena KPK tak mengantongi izin Presiden mengada-ada.

Apalagi tambahnya, sebelumnya Novanto juga pernah menghadiri panggilan pemeriksaan meski KPK tak mengantongi izin Presiden.

“Beliau, kan, pernah hadir beberapa kali dipanggil. Saat itu beliau hadir tanpa surat izin Presiden, kenapa sekarang hadir harus kami mendapat izin dari Presiden. Ini suatu yang mengada-ada,” pungkasnya. (CR-1)

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments