Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Oktober 21, 2018
Halaman Home » Berita Daerah » Peran Pemuda Dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa
  • Follow Us!

Peran Pemuda Dalam Perjuangan Kemerdekaan Bangsa 

BERITA BOGOR – Fakta sejarah perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia tidak terbantahkan, tak lepas dari peran dan kiprah pemuda Indonesia. Pahlawan-pahlawan nasional yang dikenal sampai kini memulai perjungannya diusia yang muda. Pahit getir mereka alami demi Indonesia merdeka.

Satu momen bersejarah sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dulu dipenuhi semangat-semangat muda. Para jong-jong dari berbagai daerah bersatu dalam sumpah sakti sumpah pemuda. Ituah peran pemuda bangsa. Kiprah luar biasa pemuda Indonesiapun berlanjut di era kemerdekaan dan di era reformasi.

Generasi muda saat ini mestinya jangan kalah dibandingkan pemuda dahulu. Pemuda saat ini harus lebih baik perjuangannya, namun kali ini perjuangan mengisi kemerdekaan dan perjuangan menuju Indonesia yang lebih baik.

Hal itu diungkapkan Pimpinan Badan Sosialisasi MPR-RI Zainut Tauhid Sa’adi saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR bekerjasama dengan Presidium Nasional Poknas kepada ratusan pelajar sekolah seputar Kabupaten Bogor peserta Kemah Pemuda Pelopor Kedaulatan Bangsa di Bumi Perkemahan Cimandala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017).

“Sudah 72 tahun Indonesia merdeka. Mengalami dinamika yang luar biasa, pertumbuhan, perkembangan, menghadapi tantangan, rintangan. Tapi, alhamdulillah Indonesia masih berdiri kokoh. Kuncinya adalah salah satunya, bangsa ini memiliki modal rohaniah, spritual. Ajaran agama dipakai sebagai landasan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan itu tertera menjadi dalam sila pertama Pancasila,” katanya.

Intinya, lanjut Zainut Tauhid, bila ditarik benang merahnya, generasi muda adalah sumber kemajuan bangsa yang dilandasi karakter kebangsaan yang kuat dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila yang juga kuat.

“Itulah kuncinya peran pemuda dahulu saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan saat ini dalam memperjuangkan Indonesia maju dan sejahtera,” tandasnya. (OSS)

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments