Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Desember 15, 2017
Halaman Home » Berita Daerah » Serangan Babi Hutan di Desa Cempaka Tegal Merajalela
  • Follow Us!

Serangan Babi Hutan di Desa Cempaka Tegal Merajalela 

BERITA TEGAL – Serangan babi hutan tengah meresahkan warga Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Selain menyerang warga dengan ganas, tanaman padi dan sayur mayur milik warga juga dirusak.

Kepada Beritaekspres.com, Abdul Khayyi, Kepala Desa mengatakan, serangan babi hutan tidak hanya sudah menimbulkan korban luka, tetapi juga merusak sawah dan ladang milik warga hingga tak bisa dipanen.

“Dari lahan pertanian seluas 130 hektare yang rusak cukup banyak. Selain padi, ubi, jagung, yang ditanam memanfaatkan lahan Perhutani juga dirusak,” ungkapnya.

Sementara akan adanya upaya pemberantasan hama babi hutan dari TNI dan Anggota Perbakin Khayyi pun menyambut baik. Apalagi jumlah babi hutan yang berkeliaran juga diperkirakan cukup banyak.

“Jumlahnya banyak sehingga warga khawatir saat ke sawah atau ladang karena bisa sewaktu waktu diserang babi hutan,” katanya.

Makin merajalelanya serangan babi hutan ini membuat Dua warga di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal mengalami luka parah. Paska kejadian itu, warga diliputi keresahan karena ditengarai masih banyak babi hutan yang berkeliaran.

Sunaryo salah srorang warga mengatakan dalam sepekan ini warga was-was untuk beraktivitas di sawah dan ladang setelah ada petani yang diserang babi hutan. “Warga jadi takut ke sawah. Takut ada babi hutan yang menyerang lagi,” katanya.

Jumlah babi hutan yang berkeliaran di sekitar lahan pertanian warga lebih dari satu ekor. Karena itu warga resah dengan keberadaannya. “Jumlahnya cukup banyak. Belum ada yang sampai tertangkap warga. Makanya warga jadi takut,” ujar dia.

Sebagian besar warga Desa Cempaka berprofesi sebagai petani. Lahan pertanian mereka rata-rata berlokasi cukup jauh dari permukiman warga. “Lokasi sawah tempat babi hutan muncul dan menyerang sekitar satu kilometer dari permukiman warga,” imbuhnya.

Babi hutan muncul di sekitar lahan pertanian warga dan menyerang warga yang ditemui karena diburu dengan menggunakan anjing. “Jadi larinya sampai ke sini,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal

Related posts:

Bagikan..Pin on PinterestShare on FacebookPrint this pageShare on StumbleUponTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someoneShare on RedditShare on Google+

Comments

comments