Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Februari 24, 2020
Halaman Home » Bekasi Kota » Coaching Clinic Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi
  • Follow Us!

Coaching Clinic Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi 

BERITA BEKASI – Dalam rangka upaya peningkatan kompetensi Lurah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan penekanan pada pengembangan kompetensi manajerial, menjadi tujuan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi dalam melaksanakan kegiatan “Coaching Clinic” bagi seluruh Lurah yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Kegiatan yang berlangsung selama enam hari itu dilakukan secara bertahap yang sudah dimulai pada tanggal 22 September 2017 kemarin dengan dua komponen utama yang dijadikan sebagai aspek penilaian, yaitu penilaian individu dan penilaian secara kelompok.

Untuk penilaian secara individu, para peserta melakukan self assesment dengan membuat deskripsi personal yang berisi tentang penejelasan jejak karir dan prestasi serta melakukan bedah tugas pokok dan fungsi sebagai Lurah dengan permasalahan yang dihadapi dilapangan dan semua itu dituangkan dalam bentuk portfolio sebagai bahan penilaian dari tim penilai.

Untuk Komponen kedua, penilaian dilakukan dengan metode penilaian kelompok, seluruh peserta (56 lurah) dibagi menjadi 14 kelompok dengan satu kelompok terdiri dari empat orang. Dalam kelompok tersebut ditugaskan untuk melakukan bedah kasus yang mana contoh kasus diberikan oleh panitia dengan berbagai jenis kasus diantaranya permasalahan pembebasan Lahan, Adipura, Aset, e-KTP dan Kartu Sehat (KS) Kota Bekasi.

Dengan contoh kasus tersebut, kelompok peserta juga diharuskan membuat pemecahan masalah dengan pendekatan Planing, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) dan tahap tersebut dilakukan dalam sesi wawancara oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Bekasi untuk selanjutnya dilakukan ekspose oleh peserta di hadapan tim penilai.

Adapun tim penilai terdiri dari unsur perangkat daerah yaitu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Bekasi beserta Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Inspektur Kota Bekasi, Kepala Bagian Hukum dan Kepala Bagian Organisasi. Dalam kegiatan itu juga dijadikan momen oleh para peserta sebagai tempat untuk melaporkan dan sharing permasahan umum yang mereka hadapi di masyarakat.

Selain itu, pada acara pengarahan yang telah dilaksanakan pada kesempatan sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Dr. Hj. Reny Hendrawati, M.M. juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini juga dilakukan sebagai pengukur kemampuan dan melihat kelemahan peserta, dimana kemampuan/potensi yang ada akan dikembangkan. Sedangkan kelemahan yang ada akan diperbaiki melalui pendidikan dan pelatihan, sehingga akan dihasilkan pemimpin-pemimpin wilayah yang kompeten dan Paripurna. (ADV/DN).

Comments

comments