Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Opini » Ketua DPC PPP, Solihin: Menuju Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin
  • Follow Us!

Ketua DPC PPP, Solihin: Menuju Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin 

KOTA BEKASI tidak lama lagi melangsungkan Pilkada 2018. Itu artinya, masyarakat Kota Bekasi akan kembali melakukan prosesi memilih pemimpin untuk lima tahun mendatang. Dari sini kemudian muncul sebuah pertanyaan yang lazim mengemuka, yaitu soal figur – figur seperti apa yang layak yang diinginkan memimpin Kota Bekasi.

Alih-alih berbicara soal figur, sebenarnya ada pertanyaan mendasar yang lebih menarik dibincangkan yakni, soal apa sebenarnya yang menjadi kebutuhan masyarakat Kota Bekasi.

Sebagai kota urban dengan jumlah penduduk hampir mencapai tiga juta jiwa tentunya ada beberapa kebutuhan mendasar yang harus dan wajib dipenuhi oleh Pemerintah Kota Bekasi terlepas siapapun pemimpinnya. 

Kebutuhan mengenai pendidikan, kesehatan, pelayanan publik prima, ketersedian lapangan kerja, sarana dan fasilitas publik memadahi adalah kebutuhan dasar tersebut.

Merujuk dari kebutuhan dasar tersebut, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bekasi kemudian mencoba menyodorkan sebuah tawaran berupa ide dan gagasan yang ujung akhirnya tentu berupa program aksi. 

Untuk merumuskan program aksi, PPP tidak asal-asalan. Semua sudah dikaji secara matang dan komperhensif dengan melibatkan semua unsur lapisan masyarakat dari berbagai macam latar belakang dan disiplin keilmuan.

Perumusan kebijakan juga dibuat dengan metodologi kerja ilmiah, salah satunya dengan menggunakan survey daru lembaga survey independen dan kredibel. 

PPP kemudian melebeli program aksi tersebut dengan nama “Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin”.  Seperti apa wujudnya? PPP akan terlebih dahulu menjelaskan asal-usul penyebutan kata Rahmatan Lil Alamin.

Kata Rahmatan Lil Alamin sendiri muncul dari Alquran di mana Allah SWT menyeru bahwa Islam adalah agama yang Rahmatan Lil Alamin yang arti harfiahnya adalah rahmat bagi seluruh alam semesta. Itu berarti, Islam hadir sebagai rahmat untuk semua, bukan untuk umat Islam saja.

Nah Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin, adalah Kota Bekasi yang memberi manfaat untuk semuanya, bukan untuk sebagian saja. Artinya apa, PPP ingin bahwa semua masyarakat Kota Bekasi benar-benar merasakan manfaat dari program aksi yang ada. Tanpa ada diskriminasi, semua harus mendapat manfaat.

Dalam implementasinya, Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin dibrackdown dalam sejumlah rencana aksi diberbagai sektor. 

Berikut adalah rencana aksi Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin yang menjadi tawaran PPP untuk Kota Bekasi

1.Pendidikan gratis yang berkwalitas 12 tahun dengan melibatkan peran serta elemen masyarakat dalam hal ini swasta maupun pondok pesantren dalam proses penyelenggaraanya.

2.Kesehatan gratis berkwalitas dengan melibatkan peran serta rumah sakit swasta di dalamnya serta penguatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bekasi dan diperbanyaknya fasilitas kesehatan berupa rumah sakit milik Pemkot Bekasi di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

3.Memperkuat perekonomian masyarakat dengan melakukan pemberdayaan, pembinaan serta proteksi kepada pelaku usaha lokal yang ada di Kota Bekasi dan membuka lapangan-lapangan kerja baru untuk masyarakat. 

4.Tersedianya sarana dan fasilitas publik yang memadahi, moderen, ramah anak dan lansia. Mulai dari tersedianya akses jalan yang bagus, drhaninase, jaringan air bersih dan gas rumah tangga, jaringan internet, ruang terbuka hijau dan transportasi massal moderen.

5.Pelayanan publik prima dan moderen sebagai implemtasi Bekasi Smart City ditambah dengan sumber daya birokrasi yang cakap, handal, ramah dan jujur. 

Rencana aksi yang ada kiranya bisa menjadi jawaban akan kebutuhan dasar masyarakat Kota Bekasi dan berharap bisa benar-benar diimplementasikan untuk menuju Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin. 

Hanya saja untuk mewujudkan itu, PPP tidak bisa sendiri, PPP butuh seluruh dukungan semua elemen baik masyarakat maupun kekuatan politik yang ada di Kota Bekasi. 

Karenanya, PPP dalam Pilkada Kota Bekasi terbuka untuk bermitra dengan siapa saja untuk bisa menggoalkan agenda Kota Bekasi Rahmatan Lil Alamin yang sudah dirumuakan.

Bagi PPP kekuatan politik manapun yang mau menerima ide dan gagasan PPP, maka PPP siap bermitra dan berharap bisa memenangi Pilkada Kota Bekasi sehingga rencana aksi yang ada bisa dijalankan. 

Kalau toh pada akhirnya, PPP dan mitranya gagal menang dalam Pilkada, PPP berharap ide dan gagasan PPP bisa tetap dibawa oleh pemenang Pilkada.

Karena tidak ada tujuan lain atau agenda apapun selalin demi kemaslahatan Kota Bekasi dan masyarakat Kota Bekasi yang dibawa PPP Kota Bekasi. 

Oleh: Solihin (Gus Shol), Ketua DPC PPP Kota Bekasi

Comments

comments