Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Juli 20, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Hadapi Kemarau Dinas Pertanian Brebes Siapkan Pompa Air
  • Follow Us!

Hadapi Kemarau Dinas Pertanian Brebes Siapkan Pompa Air 

BERITA BREBES – Banyaknya lahan pertanian milik warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang kekeringan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes menyiagakan pompa air guna membantu petani yang tengah megalami kesulitan mengairi sawahnya karena musim kemarau.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes, Budiharso mengatakan, pihaknya memiliki brigade alat dan mesin pertanian (alsintan) yang bertugas membantu petani, terutama saat musim kemarau.

“Brigade alsintan punya beberapa alat salah satunya pompa air. Itu bisa kita pinjamkan ke petani yang membutuhkan pompa air saat musim kemarau seperti sekarang ini,” terangnya, Rabu (13/9/2017).

Pompa air tersebut bisa dipinjamkan kepada petani yang di sekitar sawahnya masih ada sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah, seperti sungai atau sumber air lain.

“Kalau daerahnya sama sekali tidak ada sumber air dihimbau untuk memperhatikan pola tanam dengan tidak menanam tanaman yang membutuhkan banyak air seperti padi,” ujarnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas PSDA agar pengairan dari waduk-waduk tidak dihentikan total meskipun debit airnya menyusut karena musim kemarau.

“Walaupun debit air menyusut dan ada pengerjaan proyek perbaikan saluran, kita upayakan tidak sampai distop total. Dilakukan penggiliran. Jadi petani bisa tetap mendapat air walaupun menunggu giliran,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal

Comments

comments