Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Februari 17, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Keluarga Besar Adat Sunda Sayangkan Kepindahan Polda Jabar 
  • Follow Us!

Keluarga Besar Adat Sunda Sayangkan Kepindahan Polda Jabar  

BERITA JABAR – Keluarga Besar Majelis Adat Sunda sangat menyayangkan keputusan Kapolri Jendral Tito Karnavian yang telah memutasi Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan ke Lemdiklat Polri.

“Untuk kondisi saat ini sosok Anton Charliyan sudah tepat memimpin Kepolisian daerah Jawa Barat,” terang Pupuhu Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda M. Ari Mulia Subagdja Beritaekspres.com, Minggu (3/8/2017).

Dalam hal inipun, Keluarga Besar Majelis Adat Sunda sudah melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo yang ditandatangani langsung Pupuhu Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda, M. Ari Mulia Subagdja dan Sekjen Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda Teguh Aprianto.

“Itu artinya sosok seorang Anton Charliyan masih sangat diinginkan atau dibutuhkan di masyarakat Sunda untuk tetap memimpin Kepolisian di Jawa Barat,” katanya.

Selama bertugas sambung M. Ari, beliau tidak pernah lepas mengawasi kasus-kasus sindikat kejahatan yang sudah terorganisir di wilayah penegakan hukum Jawa Barat, termasuk masalah hukum yang berpotensi menggerus nilai-nilai Pancasila dan Kedaulatan Negara.

“Beliau mampu meredam dengan baik dan ditangani dengan tegas, karena sosoknya sebagai Kapolda sangat mengetahui serta memahami dengan baik kondisi geografis dan kultur masyarakat Jawa Barat. Begitu juga dengan pendekatan adat dan budayanya,” imbuhnya.

Dilanjutkan M. Ari, dalam upaya penegakan hukum di wilayah Jawa Barat beliau tidak hanya menitikberatkan pada langkah Preventif dan Represif saja, namun strategi Preemtif juga beliau implementasikan melalui program kegiatan Polda Jabar.

“Seperti Sawalah kebangsaan Indonesia Nasional Spirit di Tatar Sunda yang bertujuan sebagai sarana sosialisasi dan internalisasi penguatan nilai-nilai kebangsaan,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan sosok Anton Charliyan selama menjabat sebagai Kapolda Jabar sudah menjawab kegelisahan masyarakat Jawa Barat yang memiliki harapan atas keamanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara terlebih lagi adanya kelompok – kelompok intoleran di wilayah Jawa Barat.

“Masih banyak langkah yang harus dilakukan untuk penguatan nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat khususnya generasi muda. Oleh karena itu, wajar masyarakat Jawa Barat merasa kehilangan yang mendalam atas dipindah tugaskannya Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan,” pungkasnya. (CR-2)

Comments

comments