Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Internasional » Indonesia Kecam Peluncuran Rudal Korut Lintasi Jepang
  • Follow Us!

Indonesia Kecam Peluncuran Rudal Korut Lintasi Jepang 

BERITA JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Menlu) mengecam peluncuran perluru kendali Korea Utara (Korut) yang melewati wilayah udara Jepang, (29/8/2017) pagi ini.

“Indonesia mengecam uji coba peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara yang melewati ruang udara negara lain dan membahayakan jalur penerbangan,” tulis pernyataan Menlu, Retno Marsudi seperti yang dilansir CNNndonesia.com.

Rudal itu diluncurkan hanya berselang beberapa hari setelah Pyongyang menguji coba tiga rudal jarak pendeknya. Langkah itu dinilai sebagai provokasi minim merespons dimulainya latihan bersama militer Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Namun, jalur lintasan kali ini mewakili eskalasi signifikan oleh Korut yang pada awal bulan ini juga sempat menyatakan akan menembakkan rudal melintasi wilayah Jepang ke arah Guam, wilayah Amerika Serikat (AS) di Pasifik.

“Rudal balistik tak dikenal itu terbaru milik Korut yang diluncurkan sekitar pukul 5.57 waktu setempat dari Sunan, Pyongyang,” kata pemerintah Korea Selatan.

Dikatakan juru bicara pemerintah Jepang menyebut proyektil melintasi pulau paling utara negara tersebut, Hokkaido, dan jatuh di Samudra Pasifik.

Menanggapi hal itu, Kemlu RI menyatakan hal tersebut bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017), dan 2371 (2017).

“Indonesia mendesak Korea Utara agar sepenuhnya memenuhi kewajiban internasionalnya, termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi-resolusi DK PBB,” kata Retno.

Indonesia tambahnya, menegaskan kembali bahwa stabilitas di Semenanjung Korea sangat penting artinya. “Untuk itu Indonesia mengajak semua negara untuk berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian dan stabilitas di Kawasan,” pungkasnya. (***)

Sumber: CNNIndonesia

Comments

comments