Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Polres Ponorogo Tangkap 77 Orang Pemilik Balon Udara
  • Follow Us!

Polres Ponorogo Tangkap 77 Orang Pemilik Balon Udara 

BERITA PONOROGO – Pasca lebaran 2017 ini jajaran Polres Ponorogo Jawa Timur, berhasil mengamankan sebanyak 149 balon udara berbagai ukuran dari wilayah hukum Polres Ponorogo, selama 3 hari, Sabtu-Senin (1-3/7/2017).

“Kita lakukan razia balon karena sangat berbahaya bagi penerbangan. Begitu juga dengan mercon atau sumbu sampai menimpa rumah bisa terjadi kebakaran,” terang Kapolres Ponogoro AKBP Suryo Sudarmadi kepada Beritaekspres.com, Senin (3/7/2017).

Karena ini sambung Kapolres sudah merupakan tradisi sehingga pihaknya juga harus pelan-pelan dalam penangananya. “Inikan sudah menjadi tradisi, makanya kita juga pelan-pelan dalam proses penanganannya,” ulas Kapolres.

Dijelaskan mantan Kapolres Ngawi ini, dari operasi serentak tersebut, selain diamankan balon udara turut diamankan juga 77 orang sebagai penanggung jawab dan pemilik dari balon tersebut.

“Untuk sekarang baru kita lakukan pembinaan dan penyuluhan dengan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi yang ditandatangani oleh kepala desa yang bersangkutan,” ungkapnya.

Ditambahkan Kapolres, untuk berikutnya akan dikenakan Pasal 210 Jo Pasal 421(2) UU RI Nomor 01 tahun 2009 tentang penerbangan, dimana pelaku bisa dijerat kurungan penjara selama 3 tahun dan atau denda sebanyak Rp1 miliar.

“Kami pasti akan tegakan aturan hukum karena sangat membahayakan banyak orang,” pungkasnya. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo

Comments

comments