Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Ragam » Goa Jepang Pantai Grajakan Banyuwangi Bakal Pikat Wisatawan
  • Follow Us!

Goa Jepang Pantai Grajakan Banyuwangi Bakal Pikat Wisatawan 

BERITA BANYUWANGI – Satu lagi, wisata pantai di Banyuwangi yang di peruntukkan bagi wisatawan domestic maupun manca negara. Wisata tersebut adalah Goa Jepang yang berada di Kawasan Pantai Grajagan, Desa Grajakan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Berada di petak 39 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Grajagan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (PKPH) Curah Jati. Goa jepang ini sebelumnya memang sudah ada dan nyaris tidak terawat. Namun saat ini, pihak Perhutani Banyuwangi Selatan di sulap menjadi destinasi wisata yang menarik. 

Dimana, diberbagai dinding goa terpasang foto foto pada masa Jepang berkuasa di Banyuwangi. Bahkan, dari celah celah dinding goa juga bisa melihat perahu perahu nelayan yang sedang melaut di Pantai Grajagan, utamanya di malam hari.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Aministratur Perhutani Banyuwangi Selatan, Dwidjono Kiswurjanto mengatakan, wisata Goa Jepang tersebut berada di lahan milik perhutani wilayah Banyuwangi Selatan yang di beri nama Japanese Cave dan di buka untuk umum. 

“Kita hidupkan ‘Goa Jepang’ atau ‘Japanese Cave kita akan ajak masyarakat Banyuwangi maupun Nusantara bahkan turis asing untuk menikmati kehidupan malam di pantai kawasan Banyuwangi Selatan,’’ terangnya ketika berbincang, Sabtu (24/6/2017).

Dipastikannya, wisatawan akan takjub melihat keindahan Pantai Grajagan dengan ornament perahu perahu nelayan di malam hari.  “Untuk bisa masuk ke area Goa Jepang, wisatawan hanya di kenakan tiket Rp7500 per orang baik malam maupun siang hari,” ungkapnya. 

Dwidjono menyebut keindahan pantai di area Goa Jepang ini sebagai Pantai Jimbaran kedua di Banyuwangi, setelah pulau Bali. Bahkan, bagi wisatawan juga bisa menjajal ketinggian ombak Pantai Grajagan untuk surfing.

“Karena hampir dalam setiap hari, banyak turis yang melakukan surfing di Pantai Grajagan sebelum mereka menuju ke Pantai Plengkung,” imbuhnya.

Surfing ini tambahnya, menjadi salah satu paket wisata di Grajakan. Dan kebetulan disini ombaknya juga sangat cocok untuk para pemula. Bahkan, yang sudah mahir pun sering memanfaatkan tempat ini sebelum mereka ke G-Land atau Plengkung untuk melakukan pemanasan.

“Diharapan, jimbaran ala Jawa Timur akan terwujud di Kabupaten Banyuwangi,” pungkasnya. (Eko Prastyo)

Biro Banyuwangi

Comments

comments