Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Januari 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Gagalkan Aksi Pemerkosaan Sertu Suratman Dapat Penghargaan
  • Follow Us!

Gagalkan Aksi Pemerkosaan Sertu Suratman Dapat Penghargaan 

BERITA PURBALINGGA – Prajurit TNI Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalingga, Sertu Suratman berhasil menggagalkan aksi pemerkosaan yang hendak dilakukan 4 pemuda terhadap gadis dibawah umur beberapa waktu lalu.

Atas tindakannya itu, Sertu Suratman mendapat penghargaan Danrem 071/WK Kolonel Inf Suhardi berupa piagam penghargaan dan 1 unit sepeda motor yang diserahkan langsung Danrem 071/WK disaksikan Dandim 0702 Purbalingga, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Purbalingga beserta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Inf Suhardi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalingga atas tindakannya memberikan perlindungan dan keselamatan warganya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS yang ada dilingkungan Kodim 0702 Purbalingga untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan naluri intelijennya.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan rekan kita menjadi penyemangat bagi kita semua, sehingga kinerja kita menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang dilakukan Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalinga dari Desa Danasari yang telah menggagalkan tindakan tidak senonoh tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya di hutan Siregol, Dusun Karang Gintung, Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga pada Jumat (16/6/2017) yang lalu terjadi percobaan pemerkosaan terhadap ES (15) seorang pelajar warga Desa Kertanegara oleh 4 remaja tanggung.

Ke-4 remaja tanggung itu yakni, Aj (17) dan Luk (17) warga Dukuh Purbadana Desa Kalijaran RT05/RW06, Kecamatan Karanganyar serta Jeri (18) dan Andi (31) warga Dukuh Karangkabur RT03/RW02, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga.

Saat Sertu Suratman hendak pulang dan melintas di hutan desa Sirau sekitar pukul 13.30 WIB, dirinya mendapati dua sepeda motor terparkir dipinggir jalan. Karena merasa curiga, Suratman lalu mencari keberadaan pemilik motor tersebut.

Saat Suratman sedang mencari pemilik motor, dirinya mendapati 4 orang hendak melakukan pemerkosaan terhadap seorang gadis yang sudah tak sadarkan diri akibat dicekoki miras oleh ke-4 pelaku. Melihat kejadian tersebut, Sertu Suratman langsung menerjang dan menendang para pelaku.

Ke-4 pelaku pun langsung kabur meninggalkan korbannya. Namun Sertu Suratman langsung mengejarnya bersama warga yang kebetulan sedang melintas di hutan tersebut. Hingga akhirnya ke-4 pelaku berhasil tertangkap tidak jauh dari tempat kejadian (TKP) yakni di sungai Tambra Dukuh Karanggintung, Desa Sirau.

Ke-4 pelaku selanjutnya diserahkan ke Polsek Karangmoncol dan korban diantar pulang ke rumahnya di Desa Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. (Ningsih)

Biro Semarang

Comments

comments