Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Januari 26, 2020
Halaman Home » Berita Lain » Bea Cukai Jateng Gagalkan Penyelundupan Narkotika dari Taiwan
  • Follow Us!

Bea Cukai Jateng Gagalkan Penyelundupan Narkotika dari Taiwan 

BERITA SEMARANG – Bea Cukai Jawa Tengah dan BNNP Jawa Tengah bekerja sama dengan Kantor Pos Semarang berhasil menggagalkan penyelundupan kiriman paket narkotika jenis shabu asal Taiwan.

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo menyampaikan, berawal dari kecurigaan petugas Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng terhadap sebuah paket dari Taiwan berupa teh Cina yang di dalamnya terselip sebuah amplop berisi serbuk berwarna putih dan berbentuk kristal seberat 11 gram yang dikirim melalui Kantor Pos

“Setelah dilakukan uji laboratorium ternyata terbukti positif sabu yang selanjutnya dilakukan koordinasi dan perencanaan control delivery bersama BNNP,” tandas Tri Agus kepada awak media di kantor Bea Cukai Jateng, Rabu (21/6/2017).

Menurut Tri Agus, dalam keterangan paket tersebut tertulis dikirim oleh seseorang berinisial M yang beralamat Jhong-Jheng Rd, Neipu Town Ship Pingtung Tounty No. 152 Taiwan dan ditujukan kepada MDS  yang beralamat Desa Bermi RT.01/RW.05 Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati .

Selanjutnya pada Senin (19/6) pihaknya melakukan koordinasi dengan tim Bidang P2 Bea Cukai Jateng dan Kantor Pos Semarang, diipimpin Kabid Brantas Jateng, AKBP Suprinarto tim meluncur ke lokasi pengiriman barang  di wilayah Pati.

Setelah tim gabungan tersebut melakukan surveillance terhadap alamat target , paket dikirim secara normal sesuai SOP Kantor Pos.

“Kemudian pada Selasa (20/6) malam sekitar pukul 12.15 WIB tim melihat seseorang datang ke Kantor Pos dan mengambil paket tersebut,” lanjut Tri Agus.

Sesaat setelah paket diambil dan dibawa oleh orang tersebut, tim langsung melakukan penangkapan di luar Kantor Pos Gembong, tepatnya Jalan Raya Pati-Colo, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati.

“Setelah dilakukan pengecekan, identitas orang tersebut (pengambil barang) sama dengan identitas penerima paket pos,” ujarnya.

Selanjutnya tersangka dibawa ke kantor BNNP Jateng untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut.

Tri Agus menyatakan, bahwa narkotika tidak hanya masuk di kota-kota besar, namun sudah merambah  hingga di pedesaan. Sementara pengungkapan paket narkotika asal Taiwan ini merupakan yang keenam kalinya dilakukan Bea Cukai Jateng, dimana tahun ini sudah ada dua kasus yang diungkap. (Nn)

Biro Semarang

Comments

comments