Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 20, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Kampus Unair Banyuwangi Buka Tiga Program Study Baru
  • Follow Us!

Kampus Unair Banyuwangi Buka Tiga Program Study Baru 

BERITA BANYUWANGI – Universitas Airlangga Kampus Banyuwangi, Jawa Timur akan menambah tiga program studi (prodi) baru, yaitu Kimia, Ilmu Biologi, dan vokasional Radiologi.

“Alhamdulillah, kita baru saja bertemu Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof M Nasir dan Rektor Unair Prof M Nasih di kantor Kementerian Ristek dan Dikti,” terangnya, Senin (29/5/2017).

Dalam pertemuan itu sambungnya, kami membahas pengembangan pendidikan tinggi di Banyuwangi. Pak Menteri sangat mendukung.

“Beliau punya komitmen luar biasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara lebih merata, termasuk di daerah yang jauh dari kota besar seperti Banyuwangi,” kata Anas.

Dijelaskan Anas, ketiga prodi tersebut dipilih karena merupakan penunjang wajib keberadaan fakultas kedokteran yang ditargetkan berdiri pada tahun 2020 mendatang. 

Ketiga program studi sambung Anas yang masuk jurusan MIPA ini akan menjadi dasar bagi persiapan fakultas kedokteran di Banyuwangi. “Ketiga prodi ini dibuka mulai tahun ini, yakni tahun  ajaran 2017-2018,” imbuhnya.

Ketiga prodi ini akan melengkapi empat prodi yang saat ini telah ada di Unair Kampus Banyuwangi, yakni akuntansi, budidaya perairan, kesehatan masyarakat, dan kedokteran hewan. Unair Kampus Banyuwangi berlangsung sejak tahun 2014.

Saat ini lanjut Anas, jumlah mahasiswa di Unair kampus Banyuwangi sekitar 741 orang yang datang dari 18 Provinsi seluruh Indonesia. Standar pendidikan yang berlangsung di Banyuwangi sama persis dengan kampus pusat Unair di Surabaya.

“Dosen-dosen tetap dengan klasifikasi master, doktor, dan sejumlah profesor juga mengajar di Banyuwangi,” ungkapnya.

Selain itu kata Anas, juga akan ada rencana pembukaan jurusan teknik di kampus tersebut. “Rencananya, yang teknik nanti akan diback-up Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang bekerja sama dengan Unair,” ucapnya.

Dalam pertemuan itu tambah Anas, juga disepakati pengembangan kampus Unair sebagai konsekuensi dibukanya jurusan-jurusan baru dengan jumlah mahasiswa yang terus bertambah di masa yang akan datang.

“Kami berharap Unair akan memulai pembangunan kampus baru mulai tahun depan. Saya berharap, kampus ini nantinya akan menjadi embrio bagi pendirian universitas negeri di Banyuwangi,” harap Anas. (EP/BWI-1)

Biro Banyuwangi

Comments

comments