Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » KBKPH Banyuwangi: Pengrusakan Hutan Bakal Ditindak Tegas
  • Follow Us!

KBKPH Banyuwangi: Pengrusakan Hutan Bakal Ditindak Tegas 

BERITA BANYUWANGI – Perusakan dan penebangan pohon jati tepatnya di wilayah Badan Kawasan Penguasaan Hutan (BKPH) Genteng, KPH Banyuwangi Selatan, Banyuwangi, Jawa Timur, semakin marak. Oleh karena itu, petugas perhutani langsung bergerak untuk melakukan pengecekan dikawasan hutan tersebut.

Asper Kepala Badan Kawasan Kekuasaan Hutan (KBKPH) Genteng, Mochamat Jiman mengatakan, bahwa tingkat gangguan keamanan hutan triwulan pertama tahun 2017 belum menunjukan perubahan yang siknifikan. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Sementara ini, petugas akan melakukan langkah – langkah antisipasi lebih dini dengan cara melakukan pendekatan dengan warga sekitar kawasan hutan,” terangnya kepada Beritaekspres.com, Jumat (21/4/2017).

Terpisah, Administratur KPH Banyuwangi Selatan, Dwidjono Kiswurjanto kepada Beritaekspres.com, membenarkan adanya perusakan tanaman pohon jati dan pencurian di BKPH Genteng. Oleh karena itu, KPH Perhutani akan mengambil langkah – langkah preventif.

‘’Memang benar mas adanya perusakan pohon jati dan pencurian. Tentunya, kami akan mengambil langkah preventif,” kata Dwidjono Kiswurjanto menanggapi.

Selain itu, pihaknya juga menekankan terhadap petugas Perhutani dan Polisi Hutan Mobile (Polhudmob) untuk melakukan patroli dikawasan hutan. Bahkan Dwidjono Kiswurjanto menghimbau semua Asper/KBKPH mendirikan pos keamanan diwilayah hutan masing – masing.

Menurutnya, penebangan dan pencurian kayu jati cukup tinggi di kedua wilayah yakni, BKPH Pesanggaran dan Genteng. ‘’Dengan dasar tersebut, kami sudah melakukan audensi dengan Kapolres Banyuwangi untuk menyikapi maraknya pencurian kayu dan pengerusakan tanaman pohon jati.

Bahkan ADM baru ini akan Menindak tegas terhadap pelaku pengerusakan dan pencurian kayu jati,” pungkasnya. (Eko)

Biro Banyuwangi

Comments

comments