Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Desember 14, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Wisata Gunung Beruk Ponorogo Dinyatakan Clear
  • Follow Us!

Wisata Gunung Beruk Ponorogo Dinyatakan Clear 

BERITA PONOROGO – Simpang siur adanya pemberitaan terkait pengelolaan wisata Gunung Beruk, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menemui titik terang. Kabar itu ditandai dengan kedatangan Nyono Cahyono selaku Administratur Lawu Desa bersama jajaran Perhutani, Selasa (28/3/2017) kemarin.

Tampak hadir selain dari jajaran Perhutani juga terlihat Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Ponorogo, Agus Setiaji serta Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kabupaten Ponorogo, Anam Ardiansyah.

Kehadiran Administratur  Lawu Desa bersama jajaran Perhutani bersama rombongan diterima langsung Kepala Desa Karangpatihan, Eko Mulyadi, LMDH dan Pokdarwis Desa Karangpatihan di Lokasi Obyek Wisata Gunung Beruk.

Pertama kali sampai di Gunung Beruk, Administratur Lawu Desa Nyono Cahyono tampak  kaget dan memberi apresiasi LMDH serta Pokdarwis maupun Karang Taruna Desa Karangpatihan yang telah membantu memelihara kelestarian lingkungan di sekitar kawasan Perhutani yang ada di Desa Karangpatihan.

Pihak Perhutani menurut Nyono sangat mengapresiasi pihak yang menjaga dan merawat hutan. “Kami dari Perhutani sangat membuka pintu kepada masyarakat di sekitar Desa hutan untuk memanfaatkan hutan menjadai obyek wisata sepanjang ada MoU serta bisa bekerjasama mematuhi hak dan kewajibannya,” ungkap Nyono Cahyono.

Secara gamblang  Nyono memaparkan jika pengelolaan hutan menjadi obyek wisata harus bisa memberi kontribusi nyata terhadap masyarakat. “Terpenting lagi bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya sehingga kemakmuran bisa diwujudkan,” harapnya.

Kembali Nyono menegaskan permasalahan obyek wisata Gunung Beruksudah klir. “Gunung Beruk sudah klir tidak ada masalah,” tandasnya.

Selain itu dia berharap kedepan ada kerjasama antara LMDH atau Karang Taruna maupun Pokdarwis dengan Perhutani sesuai hak dan kewajibannya. “Sekali lagi semuanya akan tertuang dalam MoU sehingga ada kejelasan dan transparansi,” urainya.

Sedangkan Eko Mulyadi mengucapkan terimakasih atas kehadiran Administratur  Lawu DS bersama jajaran Perhutani serta Ketua LMDH maupun Pokdarwis Kabupaten Ponorogo ke obyek wisata Gunung Beruk.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi Desa Karangpatihan untuk memajukan pariwisata di wilayah kami,” ujar Eko Mulyadi.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang selalu menjaga lingkungan, khususnya milik Perhutani yang ada di wilayahDesa Karangpatihan.

Sedangkan Agus Setiaji maupun Anam Ardiansyah siap bergandengan tangan memajukan wisata alam di wilayah Kabupaten Ponorogo, khususnya yang berada di kawasan Perhutani. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo

Comments

comments