Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Februari 20, 2020
Halaman Home » Berita Lain » Program Sejuta Rumah Dengan KPR BTN Mikro
  • Follow Us!

Program Sejuta Rumah Dengan KPR BTN Mikro 

BERITA SEMARANG – Dukung program sejuta rumah, PT Bank Tabungan Negara (BTN) melaunching Kredit Kepemikian Rumah untuk para pedagang bakso dengan nama KPR BTN Mikro.

“Dengan KPR Mikro, BTN membuka ruang bagi masyarakat untuk memperoleh akses pembiayaan perumahan,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Maryono saat meresmikan peluncuran KPR Mikro di Wisma Perdamaian Semarang, Jateng, Jumat (24/2/2017) kemarin.

Menurutnya produk tersebut membidik keluarga yang memiliki penghasilan rata-rata Rp1,8 juta-Rp 2,8 juta per bulan.

Dalam pembelian rumah pertama BTN menerapkan uang muka sebesar 1 persen, untuk renovasi rumah atau pembangunan rumah uang muka minimal 10 persen, dimana uang muka tersebut bisa digunakan untuk mencairkan KPR Mikro dengan plafon atau nilai maksimal Rp 75 juta.

BTN dalam mengembangkan inklusi keuangan dengan menjadikan pedagang bakso yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie Bakso (Apmiso) sebagai agen laku pandai.

Sementara kerja sama tersebut dikukuhkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara Bank BTN dengan Apmiso.

Diketahui per Desember 2016, Bank BTN tercatat telah memiliki sebanyak 5.371 agen laku pandai, sedang perseroan telah memiliki sebanyak 841 agen laku pandai berbadan hukum.

Selain menawarkan kredit, Bank BTN juga melakukan pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menggandeng civitas akademika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

“Ini tujuannya untuk pendampingan perencanaan usaha dan bisnis untuk mengenal layanan jasa perbankan bagi komunitas pedagang,” pungkasnya. (Nn)

Biro Semarang

Comments

comments