Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Desember 14, 2019
Halaman Home » Hukum » Riziek Shihab Jadi Tersangka, Kadiv Humas: Hasil Gelar Perkara
  • Follow Us!

Riziek Shihab Jadi Tersangka, Kadiv Humas: Hasil Gelar Perkara 

BERITA JAKARTA – Polda Jawa Barat sudah menetapkan pimpinan Front Pembelas Islam (FPI), Riziek Shihab menjadi tersangka penistaan terhadap simbol Negara. Namun, penetapan itu tidak langsung melakukan penahanan. Salah satu alasannya, karena ancaman hukuman dibawah 5 tahun penjara.

“Penetapan tersangka itu berdasarkan hasil rujukan gelar perkara yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat,” terang Kepala Devisi Humas Mabes Polri, Irjen Boy  Rafli Amar, Selasa (31/1/2017)

Kepolisian mengaku tak buru-buru dalam menetapkan petolan Ormas FPI, Riziek Shihab menjadi tersangka, karena sudah melalui proses gelar perkara dan melihat fakta-fakta yang ada.

“Meski sudah berstatus tersangka, Polda Jawa Barat tidak melakukan penahanan, karena memang tidak ada keharusan dan ancaman hukuman dibawah 5 tahun kurungan penjara,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Senin (30/1) kemarin pimpinan Ormas FPI, Riziek Shihab telah ditetapkan tersangka penistaan simbol Negara oleh penyidik Polda Jawa Barat.

Dalam kasus itu, Riziek pun dikenakan Pasal 154a KUHP tentang penistaan simbol negara dan Pasal 320 tentang pencemaran nama baik. (Thio)

Comments

comments