Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Desember 6, 2019
Halaman Home » Nasional » Jaga Ketertiban, Polri Gelar Diskusi Bersama Ormas Islam
  • Follow Us!

Jaga Ketertiban, Polri Gelar Diskusi Bersama Ormas Islam 

BERITA JAKARTA – Polisi Republik Indonesia (Polri) mengundang Ormas Islam untuk berdialog dan berdiskusi guna menyamakan persepsi tentang isu terkini. Polri mengajak para ulama untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami punya petugas Babinkamtibmas. Maka kami ajak ulama terlibat dalam program Kamtibmas, sama-sama menjaga di wilayah itu,” ucap Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno di Gedung STIK, Jalan Tirtayasa Raya, Jakarta, Selasa (31/1/2017)

Dijelaskannya, ada potensi keamanan terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 15 Februari mendatang yakni, ancaman teroris, paham radikal, narkotika dengan berbagai modus operandi, kejahatan siber dan konflik sosial.

“Kami sengaja undang Bapak Ibu untuk menyamakan persepsi dalam berpikir dan bertindak agar sesuai dan tidak bertentangan dengan Pancasila,” kata Putut.

Diharapkan lanjutnya, dengan menyamakan pola pikir untuk perkuat toleransi dan kerukunan di tengah keragaman ras, suku, agama dalam kebhinnekaan,” tambahnya.

Sementara, Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pengurus ormas-ormas sengaja diundang untuk memperat hubungan dengan Polri, sekaligus memberikan masukan kepada Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

“Jadi kerja sama menjadi penting untuk menyamakan persepsi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Semoga hari ini bisa ada semacam komunikasi interaktif, dialogis, di antara unsur-unsur perwakilan yang hadir,” papar Boy.

Diketahui, para pengurus ormas yang hadir diantaranya, PBNU, PP Muhammadiyah, LDII, FKPM, DMI DKI, GP Ansor, PERSAMI, Mujahidin, Hidayatullah, PP Wanita Islam, PUI, PII, Bamusi, STII, BPI, Fatayat NU, Dai Istiqlal, Himpunan Pemuda Islam.

Sementara, Ormas Front Pembelas Islam (FPI) yang juga turut diundang, hingga pukul 10.00 WIB belum tampak hadir sejak acara dimulai pukul 08.00 WIB. Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dijadwalkan hadir, juga batal karena ada agenda lain. (Thio)

Comments

comments