Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Februari 17, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Curi Mesin Diesel, Residivis Kampung Dibekuk Polisi
  • Follow Us!

Curi Mesin Diesel, Residivis Kampung Dibekuk Polisi 

BERITA BANYUWANGI – Residivis kampung yang sudah keluar masuk bui kembali berulah dengan perbuatan yang sama yakni melanggar Pasal 363 tentang pencurian. Tersangka bernama Hadi Prayitno (26) asal Dusun Simbar I RT1/RW3, Desa Tampo Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (13/1/2017).

Pelaku mencuri sebuah mesin diesel penyedot air bermerek Honda beserta selang air. Ironisnya, aksi kali ini yang dicuri barang milik pamannya sendiri bernama Hariyanto (43) yang selama ini makan tidur ikut sang pamannya yang menjadi korban pencurian.

Tersangka Hadi Prayitno tinggal serumah dengan pamannya Hariyanto, dalam keseharaiannya tersangka bekerja serabutan dan kadang kala tidak bekerja  lantaran itu ia sering menciptakan ide buruk yaitu melakukan tinda kriminal pencurian.

Menurut keterangan warga, tersangka Hadi Prayitno selain pengangguran juga meresahkan, karena kelakuannya yang kurang disukai masayarakat. Tersangka sering mengambil barang – barang lain yang bernilai tinggi seperti leptop dan HP. Dulu kejadian tersebut sempat di laporkan ke Polsek setempat, namun karena kurang cukup bukti akhirnya tersangka di lepas.

Sejak itu warga selalu waspada terhadap gerak – gerik prilaku Hadi Prayitno, kelakuannya membuat Dusun Simbar tidak nyaman lagi akibat Hari Prayitno masih bebas berkeliaran.

Terlepas keresahan warga Dusun Simbar I, akhirnya Hari Prayitno ditangkap polisi karena laporan warga yang kehilangan mesin diesel penyedot air yang anehnya mesin tersebut kepunyaan pamannya sendiri Hariyanto yang merawatnya sejak kecil dan memang tinggal serumah.

Saat itu, sang paman tidak menaruh curiga kepada keponakannya, namun setelah ada orang mengabarkan kalau keponakannya menjual mesin diesel penyedot air ke warga bernama, Sigit Hartanto dari kampung sebelah dari situlah dirinya mulai curiga.

“Saya cek mesin diesel saya yang ada dirumah, ngak taunya mesin sudah tidak ada ditempat. Padahal saya simpan rapi di ruang dapur. Lalu saya ngecek mesin yang dijual oleh keponakan saya itu, dirumah Sigit Hartanto, persis tidak salah itu kepunyaanku,” ungkapnya.

Akhirnya sang paman Hariyanto melaporkan kejadian tersebut ke Sektor Kepolisian setempat dan segera ditindak lanjuti sampai melakukan penangkapan dan tersangka Hari Prayitno tidak melalukan perlawanan saat ditangkap tengah asik main game Play Station (PS) ditempat penyewaan di Jalan Raya Purwohajo.

“Karena tersangka Hadi prayitno melakukan pencurian di wilayah Cluring selanjutnya penangananya di limpahkan ke Polsek Cluring untuk di proses secara hukum.” Terang IPDA Hariyanto Kanit Polsek Cluring. (Rony)

Biro Banyuwangi

Comments

comments