Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Lain » Bermodus Sewa, Catur Gelapkan 25 Unit Mobil Rental
  • Follow Us!

Bermodus Sewa, Catur Gelapkan 25 Unit Mobil Rental 

BERITA SEMARANG – Petugas Polrestabes Semarang baru-baru ini menangkap pelaku penipuan dan penggelapan mobil yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat, khususnya pengusaha rental di Kota Semarang.

Tersangka, Catur Prasetyo (31) warga Jalan Mulawarman Timur, Tembalang Kota Semarang berhasil ditangkap petugas dirumahnya setelah diketahui menggelapkan 25 unit mobil rental.

Catur, dalam menjalankan aksinya bermodus menyewa mobil rental, kemudian mobil digadaikan kepada orang lain tanpa seijin pemiliknya. Diketahui dari Agustus-Desember 2016, tersangka Catur berhasil menggelapkan mobil sebanyak 25 unit.

Menurut Catur, satu unit mobil yang digadaikannya, ia bisa mengantongi uang Rp10 juta hingga Rp25 juta. Ia mengaku uang tersebut untuk biaya hidup sehari-hari dan bersenang-senang, serta untuk mencari mobil rental lain yang menjadi targetnya.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan, penangkapan pelaku tersebut berdasarkan laporan para korban (pemilik rental).

“Mulanya pelaku menyewa mobil dengan dalih untuk keperluan proyek tol Bawen-Salatiga. Namun mobil tersebut ternyata digadaikan ke orang lain di berbagai wilayah Semarang, Kabupaten Semarang dan Boyolali. Pelaku menyewa sejak Agustus hingga Desember 2016,” ungkap Abi di Mapolrestabes Semarang, Rabu (4/1/2017), kemarin.

Atas perbuatannya tersangka Catur dijerat Pasal 378 tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Sementara dari 25 unit mobil tersebut, 13 unit berhasil diamankan petugas Kepolisian, sedangkan sisanya masih dalam pencarian. (Nn)

Biro Semarang

 

Comments

comments