Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Juli 17, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Sistem Regulasi dan Database Pemkot Bekasi Terlengkap Se-Jabar
  • Follow Us!

Sistem Regulasi dan Database Pemkot Bekasi Terlengkap Se-Jabar 

BERITA BEKASI – Sistem regulasi dan database tata ruang yang dimiliki Pemerintah  Kota (Pemkot), merupakan sistim data terlengkap se-Jawa Barat setelah Kota Bandung. 

“Rancana Desain Tata Ruang (RDTR) di Jawa Barat yang paling lengkap adalah Kota Bandung dan Kota Bekasi. RDTR itu sudah selesai dihimpun sejak Oktober 2016,” kata Kepala Dinas Tata Kota Bekasi, Ir. Koswara Hanafi di Bekasi, Rabu (21/12/2016).

Menurutnya, database tata ruang yang dimiliki Kota Bekasi saat ini memiliki akurasi berskala 1 : 1000 sama dengan kondisi data rupa bumi atau data kontur lahan terlengkap.

“Regulasi terkait dengan tata ruang ini juga sudah selesai kami kerjakan, tinggal implementasinya saja,” ujarnya.

sp2Salah satunya, lanjut Koswara adalah penetapan 700 lokasi pembangunan taman untuk kebutuhan ruang terbuka hijau (RTH) yang saat ini telah memiliki surat keputusan Walikota.

“RTH di dalam tata ruang Kota Bekasi sudah ditentukan oleh surat keputusan Walikota, termasuk ruang hijau yang saat ini ada 700 lokasi pembangunan taman,” katanya.

Selain itu, salah satu pasal dalam Perda RDTR itu adalah kewajiban untuk membuat jalan khusus pejalan kaki (pedestrian) sebagai bagian dari penataan kawasan.

“Jalan khusus pedestrian ini sudah kami kerjakan di Jalan K.H. Noer Alie dan Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan,” ulasnya.

sepedaJalan khusus pedestrian itu juga terintegrasi dengan penataan sistem utilitas untuk penataan kabel optik maupun kabel listrik dan jaringan teknologi informasi lainnya.

“Utilitas dalam RDTR sudah diatur untuk mengakomodasi perangkat telekomunikasi, jaringan gas, listrik, dan saluran air,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya menyayangkan penataan jaringan oleh pihak provider belum sesuai harapan.

“Masih terdapat skat antara Pemkot Bekasi dengan provider, biasanya mereka lebih sering bongkar pasang sendiri-sendiri,” tukasnya. (Adv/NDI)

Comments

comments