Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Januari 19, 2020
Halaman Home » Megapolitan » 48 PHL Kebersihan di Jakarta Selatan Ikuti Tes HIV
  • Follow Us!

48 PHL Kebersihan di Jakarta Selatan Ikuti Tes HIV 

BERITA JAKARTA – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jakarta Selatan bersama Puskesmas Pasar Minggu melaksanakan VCT (Voluntary Counseling Test) Mobile bagi PHL Kebersihan.
 Sebanyak 48 PHL mengikuti konseling dan tes HIV. Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Setiap PHL cukup membawa kartu identitas dan fotokopi KTP.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Susilowati mengatakan, puluhan PHL yang diperiksa adalah mereka yang dikategorikan populasi rentan. Sebelum tes HIV, para PHL ini konseling terlebih dahulu. Adapun metode yang digunakan yakni rapid test, di mana hasilnya bisa diketahui 10-20 menit setelah pengambilan darah.

“Mereka bukan sebagai populasi kunci, tapi salah satu berisiko. Karena penyebaran HIV bisa melalui jarum suntik, hubungan seksual tidak aman, dan air susu dari ibu yang terinfeksi,” kata Susilowati, Jumat (9/12/2016).

Kepala Seksi Promosi dan Pencegahan KPA Jakarta Selatan, Bahroni mengatakan, VCT mobile di Kecamatan Pasar Minggu ini merupakan bagian dari percepatan penanggulangan HIV/AIDS dengan target setahun 4.000 orang dari berbagai macam populasi, baik kunci, rentan, dan rendah.

“Kami menargetkan ada 919 PHL Sudin Kebersihan di Jakarta Selatan sudah melakukan VCT, sekarang baru 85 persen.” tandasnya. (BJ/Aldi Geri)

Comments

comments