Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Desember 14, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Jual Foto Bupati Karo dan Wakil Rp700 Ribu Dinilai Pungli Gaya Baru
  • Follow Us!

Jual Foto Bupati Karo dan Wakil Rp700 Ribu Dinilai Pungli Gaya Baru 

BERITA KARO – Penjualan foto Bupati dan Wakil Bupati didompleng jam dinding berlogo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo plus VCD, diduga dijual oknum orang dekat Bupati Karo kepada SKPD lintas sektoral dilingkungan Pemkab Karo, termasuk Camat dan Pjs Kepala Desa se-Kabupaten Karo dinilai pungli gaya baru.

Pasalnya, harga foto Bupati dan Wakil Bupati dipatok seharga Rp500 ribu, sedangkan jam dinding berlogo Pemkab Karo plus VCD dipatok harga Rp200 ribu. Dengan system penjualan seperti ini, muncul kesan memaksa yang membuat sejumlah kalangan mulai mempertanyakan situasi ini.

Pasalnya, sepengetahuan mereka, biaya cetak foto Bupati dan Wakil Bupati berikut bingkainya, sudah dianggarakan dalam APBD Kabupaten Karo tahun 2016, sehingga pembagian foto ke kantor – kantor dilingkungan Pemkab Karo diberikan secara gratis.

“Penjualan foto Bupati dan Wakil Bupati berikut jam dinding plus VCD dengan harga mencapai Rp700 ribu itu, merupakan sebuah trik yang mengelabuhi Tim Saber. Cara-cara mendulang rupiah seperti ini, tidak mencerdaskan masyarakat Kabupaten Karo,” ujar sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada Beritaekspres.com, Selasa (6/12/2016).

Menurut salah satu Camat kepada Beritaekspres.com, saat dihubungi  melalui selulernya menerangkan, oknum yang datang dari Kabanjahe melakukan kontak dan berkomunikasi hingga datang menjumpai stafnya.

“Oknum itu berpesan, meminta agar foto – foto berikut jam dinding plus VCD yang saat ini sudah berada di kantornya segera dibagikan kepada Pejabat desa diwilayah Kecamatan dengan  biaya satu paket Rp500 ribu, hal ini  tentu sangat memberatkan sekali,” ungkapnya.

Terpisah, Seksi Penerbitan dan Dokumentasi Humas Pemkab Karo, Antoni Eden Tarigan yang dikonfirmasi Beritaekspres.com, melalui selulernya mengaku tidak mengetahui siapa oknum – oknum yang mematok harga foto Bupati dan Wakil Bupati seharga Rp500 ribu berikut jam dinding plus VCD Rp200 ribu yang tengah dikritik masyarakat.

Sepengetahuan Antoni Eden Tarigan selaku staf pada pemimpinan sebelumnya, pengadaan foto Bupati dan Wakil Bupati yang sudah dianggarakan dalam APBD, didelegasikan pimpinan SKPD kepadanya untuk membagikan foto – foto dimaksud secara gratis kepada kantor – kantor SKPD lingkungan Pemkab Karo, karena biaya cetaknya sudah ditampung.

Khusus ke sekolah – sekolah, dulunya memang ada dikutip dananya sebesar Rp225 ribu hingga Rp250 ribu, sebab biaya cetaknya tidak masuk dalam anggaran, tetapi pihak sekolah memesan tersendiri melalui kesepakatan, setelah menghitung ongkos cetak dan biaya antar ke sekolah dengan jarak yang berbeda dari Ibu Kota Kabupaten Karo, maka harganya juga berbeda,” terang Tarigan.

Sementara, Bupati Karo, Terkelin Berahmana belum dapat dihubungi Beritaekspres.com, secara langsung. Namun dari ajudanya bernama Fael Sembiring, membenarkan adanya laporan terkait biaya foto, jam dinding plus VCD yang dipermasalahkan. “Sikap bapak ketika dapat kabar itu, beliau cuma bilang, sangat memalukan.” Pungkasnya mengutif pernaytaan Bupati. (Panitra Nedy Tarigan)

Biro Sumut

Comments

comments