Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Info Medsos, BHM Bedah Rumah Warga Miskin di Kebumen
  • Follow Us!

Info Medsos, BHM Bedah Rumah Warga Miskin di Kebumen 

BERITA KEBUMENSalah satu di antara komitmen yang harus dimiliki oleh Lembaga Amil Zakat Nasional adalah ikut serta membantu Pemerintah mengurangi angka kemiskinan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi kenaikan jumlah penduduk miskin secara tahunan menjadi 28,51 juta orang pada September 2015 atau bertambah 780 ribu orang dibanding September 2014 yang sebesar 27,73 juta orang.

Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Senin (4/11) mengatakan, kenaikan jumlah penduduk miskin paling signifikan tercatat pada periode September 2014 ke Maret 2015, di antaranya dipicu oleh kenaikan harga Bahan Bakar Minyak pada November 2014, dan juga imbas dari perlambatan ekonomi yang menekan indikator kesejahteraan di sektor riil.

Namun, menurut Suryamin, setelah program sosial pemerintah berjalan, dan juga antisipasi kenaikan inflasi sejak Maret, jumlah penduduk yang keluar dari kategori miskin mulai bertambah. Sehingga, dari periode Maret-September 2015, terdapat penurunan jumlah penduduk miskin sebesar 80 ribu orang.

Beranjak dari permasalahan di atas, maka Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dengan program Sosial Kemanusiaan lakukan bedah rumah dengan tujuan untuk menopang dan sekaligus membantu program Pemerintah mengentaskan kemiskinan.

Mbah Sisar namanya, yang beberapa waktu lalu heboh di media sosial tentang kondisi rumahnya yang memperihatinkan. Warga RT06/RW01 Desa Sitiadi Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Jawa Tengah tersenyum saat Ketua Unit Perwakilan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kebumen Muslim Al-Bukhori menjabat tangan mbah Sisar seiring tanda usai direnovasinya rumah beliau, pada Rabu (29/11) lalu.

Renovasi bangunan rumah, selain ditandai dengan ucapan selamat dari para tetangga, acara dilanjutkan dengan makan siang, diakhiri dengan foto bersama. Mbah sisar sangat terharu dengan bantuan dan support dari semua pihak yang rela dengan ikhlas membantunya. “Maturnuwun kagem sedoyo mawon ingkang sampun mbantu kulo (terima kasih kepada semuanya yang sudah membantu saya),” ujarnya.

Untuk diketahui Program Bedah Rumah mbah Sisar ini merupakan bagian dari gerakan sosial yang diinisiasi oleh BMH (Baitul Maal Hidayatullah) sebagai bentuk dan wujud nyata dari Pengelolaan dana Zakat Infak dan sedekah dari donatur serta dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan Proses renovasi bangunan rumah berukuran 4×6 meter persegi ini, setidaknya membutuhkan waktu pengerjaan sekitar dua pekan mengingat kondisi cuaca yang sering hujan dengan jumlah dana yang dihabiskan sekitar Rp15.600.000, sumber dana tersebut datang dari BMH dan beberapa pihak lain, termasuk pemerintah setempat,” imbuhnya.

Bangunan rumah mbah Sisar kini sudah tampak terlihat sebagai rumah layak huni. Sebelumnya kondisi rumah nenek yang selalu tersenyum ini, sangat memprihatinkan selain reot, bocor, pengap, gelap dan tampak tidak layak.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua Unit Perwakilan BMH, Muslim mengucapkan rasa syukur atas selesainya renovasi bangunan rumah hingga diserahkan dan dapat dihuni kembali oleh mbah Sisar. “Alhamdulillah sudah bisa dihuni kembali oleh mbah Sisar. Semoga bisa lebih nyaman dengan penerangan yang memadai, Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” ungkapnya, Jumat (2/12/2016).

Selain itu, Kepala Desa setempat juga mengucapkan terimakasih kepada BMH atas sinergi programnya dengan pemerintah setempat, semoga kedepan lebih banyak lagi masyarakat yang tersantuni,” ungkapnya.

Melalui Program Sosial BMH berkomitmen untuk membantu masyarakat lemah (dhuafa) dengan lebih berdaya. (Ikhwan)

Comments

comments