Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Rencana Moratorium UN di Kota Bekasi, Menuai Pro dan Kontra
  • Follow Us!

Rencana Moratorium UN di Kota Bekasi, Menuai Pro dan Kontra 

BERITA BEKASI Rencana moratorium Ujian Nasional (UN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mendapat beragam tanggapan oleh sejumlah pihak. Pasalnya, penerapan UN yang dilaksanakan selama ini,  menjadi indikator mutu pendidikan peserta didik. Karena, UN dinilai untuk mengetahui kemampuan akademik siswa selama menempuh proses kegiatan belajar disekolah.

“UN itu bisa diketahui kemampuan peserta didik, selama belajar disekolah,” kata Pemerhati Pendidikan Bekasi, Tengku Imam Kobul Yahya, kepada Berita ekspres.com, Rabu (30/11/2016).

Menurutnya, sejak diberlakukannya pada tahun 2013 lalu, hasil UN para peserta didik di Kota Bekasi, didominasi oleh sekolah swasta.

Oleh karena itu Imam menambahkan, jika pemerintah positif melakukan penundaan UN tersebut, maka sulit untuk mengukur prestasi peserta didik sekolah negeri.

“Kan selama ini hasil UN, selalu diraih murid sekolah swasta. Lantas kalau jadi ditunda maka, kualitas mutu pendidikan sekolah negeri tidak bisa diketahui,” kata Imam.

Terpisah, Kepala SMK Negeri 1 Bekasi, I Made Supriatna menyatakan tidak akan mempengaruhi kualitas pendidikan peserta didiknya. Sebab, untuk jenjang tingkat kejuruan, Made mengaku bahwa peserta didik SMKN 1 Bekasi, selama ini telah dibekali berbagai persiapan matang oleh masing-masing guru jauh sebelum penyelenggaraan ujian.

“Para tenaga pendidik di SMKN 1 Bekasi, sudah memiliki standar akademik kepada peserta didik. Dan kompetensi masing-masing gurunya juga terus kita up grade, agar hasil yang diterima peserta didik bisa maksimal. Dan Alhamdulillah, kita terus mendapat peringkat teratas untuk jenjang kejuruan,” tutur Made.

Lebih jauh dikatakan Made, selain mendapat peringkat teratas hasil UN, lulusan peserta didik SMKN 1 Bekasi, telah terbukti banyak diterima bekerja di sejumlah perusahaan.

“Hasil UN dan lulusan dari SMKN 1 Bekasi selalu menjadi yang terbaik. Perusahaan yang menerima lulusan SMKN 1 Bekasi juga banyak sekali, karena, selama ini, kita sudah menjalin kerja sama,” tandas Made. (Bray)

Comments

comments