Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Ratusan Gedung Sekolah di Kota Bekasi Kondisi Memprihatinkan
  • Follow Us!

Ratusan Gedung Sekolah di Kota Bekasi Kondisi Memprihatinkan 

BERITA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana membangun 14 ruang kelas baru (RKB) di SMP Negeri 4 pada 2017 mendatang. Rencana pembangunan RKB ini memang sudah dipersiapkan sebelum atap ruangan Laboratorium IPA di sekolah tersebut ambruk, Senin (28/11) kemarin. Rencana pembangunan kelas bangunan SMPN 4 masuk dalam penganggaran 2017.

“‪Kebutuhan keseluruhan untuk Rehab SMPN 4 termasuk penataan halaman dan pagar estimasi biaya Rp6,5 miliar,” ungkap Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saat ditemui di kantornya, Rabu (30/11/2016).

Pihaknya menargetkan, pembangunan 14 RKB dan 2 laboratorium di SMPN 4. Insiden atap bangunan yang roboh di SMPN 4, akibat lapuknya kuda-kuda atap yang konstruksinya dari kayu. Kerangka kayu dibangun sekitar 1990.
Sebelumnya, bangunan terdeteksi rusak ringan sekitar Agustus 2016 dikarenakan jebolnya plafon akibat kejatuhan balok.

“Memang tidak ada biaya perawatan untuk sekolah. Biaya perawatan hanya diambil dari dana BOS, yang dianggap tidak mencukupi untuk keperluan itu. Tapi semestinya, kejadian seperti ini bisa diantisipasi,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Bekasi, sebanyak 442 unit sekolah, 30 persen diantaranya masuk kategori bangunan tua dan atap terbuat dari kayu.

“Ada sekitar 30 persen atau 132 unit sekolah yang masuk kategori tua. Diperlukan anggaran sekitar Rp 500 miliar untuk memperbaikinya,” ulasnya. (NDI)

Comments

comments