Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Apel Nusantara Bersatu, Masyarakat Jateng-DIY Rapatkan Barisan
  • Follow Us!

Apel Nusantara Bersatu, Masyarakat Jateng-DIY Rapatkan Barisan 

BERITA SEMARANG – 10.000 orang dari berbagai elemen masyarakat mengenakan ikat kepala merah putih di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Rabu (30/11/2016).

Mereka datang dari berbagai unsur, baik TNI, Polri, Sipil, Ormas, para pelajar, mahasiswa, dan lapisan masyarakat guna merapatkan barisan untuk menggelar Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika.

Apel tersebut dilaksanakan dalam rangka membangkitkan jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia dan memberi wahana silaturahmi, menjalin komunikasi antar komponen bangsa.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan orasi oleh beberapa tokoh diantaranya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan tokoh akademisi, yang dihadiri Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi, Habib Lutfi Yahya, Walikota Semarang, tokoh organisasi masyarakat dan tokoh agama.

Selain di Semarang, Apel Nusantara Bersatu wilayah Jateng – DIY juga dilaksanakan di Banyumas, Yogyakarta dan Surakarta.

Meskipun gerimis mengguyur Kota Semarang sejak pagi, namun tidak menyurutkan semangat ribuan warga untuk mengikuti kegiatan apel tersebut.

Pada kesempatan itu, berbagai pertunjukan seni dan hiburan ditampilkan dengan tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam orasinya, Ganjar menyatakan tak seorang pun bisa mencederai republik ini. “Kita tidak rela apabila keluarga Indonesia dilukai. Jaga kebhinekaan. Jaga silaturahmi, bukan dengan cakar-cakaran, bukan dengan maki-makian, dan bukan dengan provokasi,” tandasnya. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments