Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, April 25, 2019
Halaman Home » Entertainment » Pengacara Saipul Jamil, Kasman Sangaji Divonis 3.5 Tahun Penjara
  • Follow Us!

Pengacara Saipul Jamil, Kasman Sangaji Divonis 3.5 Tahun Penjara 

BERITA JAKARTA – Koordinator pengacara Saipul Jamil, Kasman Sangaji divonis 3.5 tahun penjara oleh Majelis hakim yang di Ketuai Mas’ud SH.

Terdakwa, Kasman Sangaji terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut,” kata Majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (15/11/2016) kemarin.

Selain itu, terdakwa Kasman juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp100 juta dengan subsider dua bulan kurungan. “Menyatakan terdakwa Kasman Sangaji terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana dalam dakwaan Jaksa,” ucap Majelis.

Oleh karena itu kata Majelis, menjatuhkan pidana kepada  Kasman Sangaji dengan hukuman penjara selama 3,5 bulan dan denda Rp100 juta, subsidier  2 bulan kurungan,” tegasnya.

Putusan itu, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta agar Kasman divonis 5 tahun penjara ditambah denda Rp250 juta dengan subsider 5 bulan kurungan.

Menurut Jaksa , terdakwa melanggar  pasal 5 ayat 1 huruf a UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan dakwaan kedua alternatif kedua dari pasal 5 ayat 1 huruf b UU No 31 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Bambang)

Comments

comments