Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Juli 20, 2019
Halaman Home » Entertainment » Pengacara Saiful Jamil, Kasman Sangaji Dituntut 5 Tahun Penjara
  • Follow Us!

Pengacara Saiful Jamil, Kasman Sangaji Dituntut 5 Tahun Penjara 

BERITA JAKARTA – Muhammad Nur Aziz Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut pengacara Kasman Sangaji 5 tahun penjara. Penasihat hukum pendangdut Saipul Jamil itu terbukti menyuap Rohadi Panitera Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara pekan lalu.

Menurut Jaksa, terdakwa Kasman, menyuap Rohadi Rp250 juta untuk meringankan hukuman tindak pidana pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan kliennya, Saipul Jamil.

Dia meminta pengacara Berthanatalia Ruruk Kariman ke PN Jakarta Utara untuk mengurus perkara. Dan Bertha lantas pergi menemui panitera Rohadi.

Lalu disepakati pemberian uang sebesar Rp50 juta di awal dan setelah putusan ditambah menjadi Rp200 juta.

Terdakwa kemudian mengarahkan Bertha agar menyampaikan kepada Samsul Hidayatullah, kakak Saipul, soal kebutuhan uang tersebut.

“Sehingga nantinya ada selisih sebesar Rp50 juta yang bisa dipergunakan sebagai fee lawyer untuk seluruh tim penasihat hukum Saipul Jamil,” kata Jaksa Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,

Selain itu, Kasman dianggap berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya. Jaksa menyebut terdakwa terbukti melakukan dua tindak pidana korupsi. Yang meringankan, Kasman belum pernah dihukum. (Bambang)

Comments

comments