Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Kamis, Desember 12, 2019
Halaman Home » Pendidikan » BUMN Mengajar, Pelindo III Kenalkan Maritim Pada Siswa SMA
  • Follow Us!

BUMN Mengajar, Pelindo III Kenalkan Maritim Pada Siswa SMA 

BERITA SEMARANG – PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) memperkenalkan kemaritiman dan peran Pelindo III sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kepelabuhan kepada para generasi muda, yakni siswa-siswi SMA dan SMK.

Kegiatan yang bertajuk BUMN Mengajar tersebut berlangsung serentak di 17 SMA/SMK di Provinsi wilayah Pelindo III yang melibatkan 4.030 siswa, yang mana di Semarang SMAN 14 menjadi tempat pilihannya.

General Manager (GM) Pelindo III Terminal Petikemas Semarang, Erry Akbar Panggabean menyampaikan, kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari kegiatan BUMN yang bertujuan untuk mendekatkan perusahaan BUMN kepada masyarakat yang menyasar pada sekolah-sekolah yang berada di sekitar pelabuhan sebagai tujuan mengajar bagi masing-masing GM di daerah.

“Setiap GM tampil di hadapan 250 siswa di masing-masing sekolah untuk memperkenalkan Pelindo III dan memberikan motivasi kepada para siswa agar menjadi generasi penerus bangsa,” ujar Erry kepada awak media di Semarang, Senin (31/10/2016).

Para siswa juga diajarkan mengenai posisi Pelindo III dalam perekonomian nasional. Selain itu juga tentang nilai-nilai kepemimpinan dan kejujuran.

Kegiatan BUMN Mengajar menurutnya menjadi pengalaman pertama bagi para GM untuk menjadi pengajar di sekolah. Sementara penyampaian materi secara ringkas dan mudah dimengerti menjadi tantangan yang harus dihadapi ketika berhadapan dengan para siswa.

Namun pengetahuan para siswa tentang kepelabuhan yang terbatas menjadi penyemangat agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh para siswa.

“Menyampaikan kepada stakeholder di Pelabuhan lebih mudah karena mereka telah mengetahui dan memahami tentang kepelabuhan. Sementara bagi siswa, informasi maritim dan kepelabuhan menjadi yang pertama bagi mereka,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Pelindo III juga menyerahkan bantuan fasilitas pendidikan mencapai Rp 500 juta atau sekitar Rp 30 juta pada setiap sekolah yang menjadi lokasi Pelindo III mengajar.

“Kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN,” imbuh dia.

Selain di Semarang, tempat lain pelaksanaan BUMN Mengajar yang dilaksanakan oleh Pelindo III adalah, Surabaya, Tegal, Gresik, Cilacap, Probolinggo, Banyuwangi, Singaraja, Denpasar, Lombok, Bima, Maumere, Kupang, Pangkalan Bun, Sampit, Banjarmasin dan Kotabaru. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments