Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Maret 24, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Kemenkum dan HAM Berikan Informasi Publik Melalui Legal Expo
  • Follow Us!

Kemenkum dan HAM Berikan Informasi Publik Melalui Legal Expo 

BERITA SEMARANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum dan HAM Jateng melaksanakan kegiatan legal expo (Pameran Hukum) selama 2 hari yang mengikutsertakan seluruh jajaran Kanwil Kemenkum dan HAM Jateng, serta instansi penegak hukum dan instansi terkait lainnya.

“Pameran ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan penegakan hukum,” ujar Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Jateng, Bambang Sumardiono di area legal expo  DP Mall, Jalan Pemuda Semarang, Selasa (25/10/2016).

Sesuai tema Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2016 yakni pelayanan dan penegakan hukum pasti nyata, legal expo dilaksanakan sebagai ajang pembuktian bagi kementerian, instansi, dan lembaga tentang keterbukaan informasi dan pelayanan public.

“Dengan adanya pameran hukum ini, baik kementerian, instansi, atau lembaga pelaku pembangunan hukum di Jateng dapat mensosialisasikan pembenahan yang telah dilakukan, sehingga masyarakat tahu bahwa kita telah bekerja lebih baik dalam memenuhi harapan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Bambang, sosialisasi pembangunan hukum dan HAM dalam bentuk pameran hukum merupakan model kampanye hukum dan HAM yang dikemas dalam suasana yang menyenangkan, sehingga dapat mengurangi kejenuhan public terhadap penyampaian informasi hukum dan HAM yang formal.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengetahui berbagai macam pelayanan yang diberikan oleh Kemenkum dan HAM, dan masyarakat lebih sadar hukum,” tandasnya.

Selain produk-produk karya dari warga binaan Lapas se Jateng dipamerkan dalam ruang legal expo tersebut, juga adanya pelayanan informasi baik untuk pemasyarakatan, keimigrasian dan pelayanan hukum dan HAM bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi hukum dan HAM.

Selain itu diharapkan agar instansi penegak hukum dan instansi terkait lainnya seperti Polda, Kejaksaan, Dinas Sosial dan lembaga hukum lainnya dapat memanfaatkan moment ini untuk menjalin sinergi dalam melaksanakan pelayanan dan penegakan hukum yang nyata di wilayah Jateng. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments