Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, November 18, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Distambun Karo Kelola Traktor Untuk Sentra Pangan
  • Follow Us!

Distambun Karo Kelola Traktor Untuk Sentra Pangan 

BERITA KARO – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Pertambun) Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), mengelola 6 unit traktor roda empat bantuan dari Kementerian Pertanian. Traktor yang dapat dipakai kelompok tani di daerah sentra pangan, bertujuan untuk membantu petani guna mengolah tanah untuk ditanami. Hal ini disebutkan Plt. Kadis Pertambun Karo Provinsi, Sumut, Munarta Ginting, kepada Beritaekspres.com, Selasa (25-10-2016) di Kabanjahe.

Sedangkan empat unit traktor yang berasal dari aspirasi anggota DPR-RI, Samsudin Siregar diperuntukkan kepada empat kelompok tani masing-masing berada di desa Kacinambun Kec. Tiga Panah yang mengelola kelompok tani Juma Kenjulu, desa Siabang-abang Kec. Kuta Buluh dikelola kelompok tani Lau Kerapat dan di desa Semangat Kec Barusjahe traktornya dikelola kelompok tani Sangapta Ras. Sedangkan untuk desa Lau Baleng Kec. Lau Baleng kelompok tani sebagai pengelola traktornya belum ditetapkan Kementerian Pertanian.

JpegSelain administrasi kelompok pengelola belum turun dari Kementerian Pertanian, pelatihan operator traktor juga belum dilakukan Kementerian, sebut Munar. Lebih lanjut dikatakannya, didalam penyerahan traktor aspirasi DPRD ke kelompok sebagai pengelola, akan dibuat surat kesepakatan antara kelompok penerima dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan, bila sewaktu-waktu traktor dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Karo, maka kelompok tidak bisa bertahan.

Khusus untuk 6 unit teraktor bantuan dari Kementerian Pertanian, dapat dipakai kelompok tani dengan catatan, mereka harus membayar BBM dan operator, jika diuangkan kelompok tani yang menggunakan traktor membayar sekitar Rp600 ribu.” Pungkasnya. (Panitra Dedy Tarigan)

Biro Sumut

Comments

comments