Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 13, 2019
Halaman Home » Bekasi Kota » Kota Bekasi Mengaji Bagian Penanaman Pribadi Aparatur
  • Follow Us!

Kota Bekasi Mengaji Bagian Penanaman Pribadi Aparatur 

BERITA BEKASI – Budaya membaca Al-Quran terus berjalan dilingkup aparatur Pemerintah Kota Bekasi. Bahkan saat ini telah selesai pada khatam membaca ayat suci Al Quran Ke-10 kali yang dimulai sejak bulan Ramadhan 1437 Hijriah/2016 bertujuan agar budaya membaca Al Quran terus berkembang di masyarakat Kota Bekasi.

Sebagai wujud syukur Khatam Quran, kali ini, sejumlah aparatur Pemkot Bekasi menggelar silaturahmi dan syukuran di Pendopo Kantor Walikota Bekasi, Selasa (18/10/2016).

Dengan beralaskan tikar, mereka duduk bersama dipelataran Pendopo dan menggelar doa syukur telah menghatamkan Al Quran dilanjutkan dengan menyantap hidangan nasi kebuli.

“Sudah menjadi tradisi di masyarakat muslim di Indonesia, usai khatam Quran digelar doa dan syukuran. Namun untuk khataman selanjutnya biasanya syukuran sudah tidak dilakukan lagi hanya membaca Doa khatmil dilakukan masing-masing,” ungkap Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu.

Dikatakan Syaikhu,  Al Quran merupakan kitab Suci Umat Islam dan memiliki 30 Juzz, 6666 ayat, dan 114 surat. Dan membaca Al Quran merupakan salah satu ibadah umat muslim. Allah SWT telah menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup umat manusia.

“Program aparatur mengaji telah dimulai sejak bulan puasa Ramadhan 1437 Hijriah/2016. Program ini diinisiasi Pemkot Bekasi agar budaya membaca Al Quran juga terus berkembang di masyarakat Kota Bekasi,” ujar Syaikhu.

Setelah pencanangan Bekasi Mengaji saat itu, lanjut Syaikhu, di tiap SKPD rutin menggelar baca Quran bersama dan perkembanganya hingga sekarang berhasil menghatamkan quran sebanyak 10 kali.

“Tidak ada target yang ditetapkan agar aparaturnya, yang terpenting budaya membaca Al Quran terus dilakukan di lingkup aparatur Pemerintah Kota Bekasi,” harapnya.

Diungkapkan Ahmad Syaikhu, seperti arahan Walikota Bekasi Rahmat Effendi, perlu ada intruksi lanjutan agar program ini terus berjalan hingga di semua satuan kerja.

“Menyebar di semua SKPD semata-mata memberikan penguatan kepada semuanya dalam pelaksanan tugas. Ini mudah-mudahan memberikan kita semangat agar lebih dekat kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Dari grup medsos Whatsapp dilingkup SKPD, progres program aparatur mengaji dilaporkan setiap hari. Perlu diapresiasi, dari progres tersebut, dilingkup Inspektorat Kota Bekasi, aparatur disana menerapkan One Day One Juzz atau sehari selesai khatam satu juz Al Quran.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi program aparatur mengaji. Dan semoga kata dia terus dapat ditingkatkan dan menjadi budaya para aparatur muslim pemerintah kota Bekasi.

“Program mengaji ini kita terus dukung menjadi bagian dari penanaman nilai agama kepada pribadi masing-masing aparatur,” kata Rahmat Effendi. (Adv/Ndi)

Comments

comments