Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 20, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Wakil Kwarcab, Agus Subagyo: Pramuka Miliki Peran Strategis
  • Follow Us!

Wakil Kwarcab, Agus Subagyo: Pramuka Miliki Peran Strategis 

BERITA SLAWI – Kedudukan Gerakan Pramuka dalam konteks pembinaan generasi muda memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional dan daerah. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi, Drs H Agus Subagyo, MM saat Pembinaan di Kwartir Ranting Margasari dan Pagerbarang, Sabtu (8/10/2016) kemarin.

Menurutnya, Lahirnya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, telah memberi arah dan tujuan yang jelas dan tegas, yakni meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan tanah air (nasionalisme dan patriotisme), membangun generasi muda bangsa yang berkarakter (character building) dan ketrampilan hidup (life skill).

“Pramuka punya peran strategis dalam pembangunan bangsa khususnya karakter kaum muda Indonesia. Terlebih pasca lahirnya UU Pramuka menjadi payung hukum yang kuat,” ujarnya

Oleh karena itu, Agus berpesan agar diimplementasikan melalui pelaksanaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka beserta Petunjuk Pelaksanaannya dari Kwartir Nasional. Khususnya peningkatan kinerja Administrasi dan Manajemen di tingkat Kwartir Ranting agar melaksanakan Keputusan Kwarnas No. 224 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Organisasi dan Tatakerja di Kwartir Ranting.

“Dengan semangat Ikhlas Bhakti Bangsa Ber-Budi Bawa Laksana, mari kita gerakan roda Kwartir Ranting, Gugus Depan, Satuan Komunitas dan Satuan Karya yang ada. Di samping itu, Kwarcab berharap Kwaran Margasari memiliki Sanggar Bakti Pramuka.  Semangat dan selamat memandu,” tandas Agus

Kepada jajaran Kwarran Pagerbarang, Agus menyampaikan apresiasinya atas sinergitas yang telah dibangun dengan baik antara Mabiran, Kwarran dan Gugusdepan sehingga telah mampu mewujudkan berdirinya Sanggar Pramuka. “Ini tentunya harus dibarengi dengan meningkatnya kinerja semua bidang yang ada di Kwartir Ranting,” harapnya.

Sementara itu, dalam penilaian administrasi Kwartir Ranting, menilai sejumlah bidang pada tahun kinerja 2015 yakni Binamuda, Binawasa, Humas Abdimas, Organisasi Hukum, Keuangan dan Sarpras serta Dewan Kerja Ranting (DKR).

Comments

comments