Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Oktober 22, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » PSI, Partai Baru Lolos Verifikasi Kemenkumham 2016
  • Follow Us!

PSI, Partai Baru Lolos Verifikasi Kemenkumham 2016 

BERITA SEMARANG – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan partai baru yang lolos verifikasi administrasi maupun factual untuk memperoleh status badan hukum partai politik di Indonesia.

Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Taufiq Nugroho menyampaikan, PSI adalah satu-satunya partai politik (Parpol) baru yang lolos verifikasi Kemenkumham tahun 2016.

“Perjuangan anak muda yang ingin memberikan sumbangsih dalam perpolitikan Indonesia menuai hasil, karena Kemenkumham RI secara resmi telah mengumumkan PSI lolos verifikasi maupun factual,” ujar Taufiq di Semarang, Sabtu (8/10/2016).

Karena, untuk memperoleh status badan hukum Parpol harus didaftarkan ke Kemenkumham. Menurutnya, pelaksanaan pendaftaran Parpol sendiri meliputi, penelitian atau verifikasi kelengkapan dan kebenaran persyaratan paling lama 45 hari sejak diterimanya dokumen persyaratan secara lengkap.

“Syarat menjadi badan hukum diantaranya mempunyai kepengurusan pada setiap Provinsi dan paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota pada Provinsi yang bersangkutan, serta paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan,” ungkapnya.

Taufiq mengatakan, setelah tim melakukan verifikasi selama 45 hari, baik tahap I (administrasi) maupun tahap II (Faktual), dari Parpol yang diverifikasi Kemenkumham hanya satu Parpol, yakni PSI yang memenuhi syarat dan ketentuan UU Nomor 2 tahun 2011 tentang Parpol dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM.

“Di Jawa Tengah, PSI sudah terbentuk di 28 kabupaten/kota, lengkap dengan pengurus DPD di tingkat kabupaten/kota hingga DPC tingkat kecamatan,” katanya.

Menurutnya, semua pengurus PSI Jateng sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan partai, yakni maksimal usia 45 tahun dan belum pernah aktif sebagai pengurus di partai politik sebelumnya. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments