Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, November 20, 2019
Halaman Home » Pendidikan » SMPN 19 Kolaborasi Tradisional-Dance Dalam Wayang for Student
  • Follow Us!

SMPN 19 Kolaborasi Tradisional-Dance Dalam Wayang for Student 

BERITA SEMARANG – Sekitar 800 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 19 Semarang memadati Aula kantor Bulog Jawa Tengah. Mereka menyaksikan penampilan teman-temannya yang membawakan berbagai tarian dan kesenian wayang.

Wakil Kepala SMPN 19 Semarang, Rr Sulistyorini menyampaikan, pihaknya membawa sekitar 800 siswa-siswi kelas 7,8,dan 9 untuk menyaksikan kesenian budaya jawa wayang yang merupakan rangkaian wayang for student program dari bakti BCA.

“Ada 93 siswa yang ikut berpartisipasi menampilkan kebolehannya melalui kesenian budaya jawa,” kata Sulis di aula kantor Bulog Jateng, Kamis (22/9/2016).

Selain wayang, para siswa juga menampilkan budaya seni lainnya seperti tarian kolaborasi antara tari tradisional yang dipadu dengan dance (modern).

“Harapan kami melalui acara ini anak-anak bisa lebih mengenal dunia wayang,” ujarnya.

Ramandika Panca Handoyo (14) siswa kelas 9 SMPN 19 yang memainkan tarian kolaborasi sekaligus sebagai pelatih mengatakan, tarian yang diciptakannya ini adalah perpaduan tari tradisional dan modern, dimana pada akhir tarian juga disisipkan gerakan wayang.

Dika mengaku sudah mempersiapkannya sejak dua minggu yang lalu. Karena ia sejak kelas 4 SD sudah sering tampil membawakan tarian, maka ia tak merasa canggung lagi dalam memimpin jalannya tarian kolaborasi tradisional-dance yang dibawakan oleh 13 siswa tersebut.

“Awalnya dari guru ngusulin untuk menampilkan tarian tradisional yang dicampur dance (modern). Dari situ saya mencoba membuat tarian tersebut dan akhirnya kami bisa tampilkan di sini,” ungkap Dika.

Dika merasa senang dengan adanya wayang for student ini. Ia berharap anak-anak SMPN 19 bisa mencintai wayang yang merupakan budaya sendiri.

“Bagus, karena bisa menumbuhkan kecintaan kita sebagai anak Indonesia untuk  menyukai budaya wayang,” tandasnya. (Nining)

Biro Semarang

 

Comments

comments