Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Fidusia, Ditreskrimsus Polda Jateng Sita Sembilan Unit Mobil
  • Follow Us!

Fidusia, Ditreskrimsus Polda Jateng Sita Sembilan Unit Mobil 

BERITA SEMARANG – Ketua Koperasi Intidana Semarang, Handoko yang sedang menjalani hukuman di Lapas Kedungpane Semarang, kini kembali terjerat kasus lain.Tim penyidik Sub Direktorat (Subdit) II Ekonomi Khusus (Eksus), Ditreskrimsus Polda Jateng telah menetapkan Handoko dalam tindak pidana jaminan fidusia.

Kasubdit II Eksus Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Teddy Fanani menyatakan, tersangka yang merupakan Ketua Koperasi tersebut tersangkut kredit macet yang nilainya bervariasi.

“Padahal tersangka kini masih ditahan di Lapas Kedungpane karena kasus penipuan yang ditangani Ditreskrimum Polda Jateng,” ujar Teddy di kantornya, Selasa (20/9/2016).

Tersangka dalam hal ini sebagai debitur, kata dia, semula mengajukan pembiayaan sebanyak 11 unit mobil kepada salah satu perusahaan leasing atau PT. A di Semarang pada tahun 2015. Namun dengan berjalannya waktu, mobil-mobil tersebut justru dialihkan ke pihak lain tanpa persetujuan PT. A selaku kreditur.

“Diduga tersangka mengajukan permohonan pembiayaan atas nama pribadi sebanyak 11 unit mobil jenis Toyota Avanza di tahun 2015. Namun selanjutnya, dia (tersangka-red) mengalihkan kepada E, lalu kepada R. Dari R dialihkan lagi ke beberapa orang,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa unsur yang masuk dalam perkara ini, seperti mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan benda yang menjadi objek jaminan fidusia tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu.

Kepala Subbidang Penerangan Masyarakat, Bidang Humas Polda Jateng, AKBP Agung Aristyawan menyampaikan, dalam kasus ini petugas berhasil menyita 9 unit mobil dari sebelas mobil tersebut. Sedangkan 2 unit mobil lainnya masih dalam pencarian.

“Tersangka dijerat Pasal 36 Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999, dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun penjara dan denda maksimal Rp 50 juta,” tutup Agung. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments