Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Megapolitan » LPSK Sambut Baik Temuan TPF Testimoni Fredy Budiman
  • Follow Us!

LPSK Sambut Baik Temuan TPF Testimoni Fredy Budiman 

BERITA JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyambut baik keluarnya hasil investigasi Tim Gabungan Pencari Fakta terkait Testimoni Fredy Budiman yang disampaikan oleh Kordinator Kontras Harris Azhar beberapa waktu lalu.

“LPSK siap membantu pengungkapan kasus ini sesuai dengan tugas dan fungsi LPSK, yakni dalam memberikan perlindungan kepada saksi maupun pelapor,” ujar Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai, Jumat (16/9/2016).

LPSK juga mengapresiasi ajakan Polri untuk saling bekerjasama dalam  melindungi saksi atau pelapor terkait  dugaan aliran suap kepada aparat.

“Ajakan ini merupakan cerminan adanya keinginan untuk membongkar penyalahgunaan wewenang yang mungkin saja dilakukan oleh aparat, termasuk kepolisian,” ujar Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu.

Ajakan untuk melindungi saksi atau pelapor dugaan suap aparat juga merupakan amanat UU Perlindungan Saksi dan Korban dengan tujuan agar saksi dan pelapor bisa memberikan keterangan dengan nyaman.

“Salah satu hak saksi dan pelapor diantaranya adalah hak untuk tidak digugat balik atas kesaksian yang diberikannya,” imbuh Edwin.

Adanya respon proposional dari Polri atas temuan Tim Gabungan Pencari fakta juga menjelaskan bahwa Polri sudah  sangat profesional dan akuntabel. Hal ini diharapkan menjadi preseden baik dalam penegakan hukum.

“Diharapkan akan menjadi stimulus bagi para saksi dan pelapor lain untuk mau memberikan keterangan kepada aparat penegak hukum,” harap Edwin.

LPSK akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengambil peran sesuai yang dimandatkan kepada LPSK berdasarkan UU. Peran yang diambil LPSK tentunya diharapkan bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman kepada pelapor maupun saksi dalam memberikan keterangan.

“Langkah ini diharapkan bisa membantu pengungkapan tindak pidana yang dilaporkan, yakni dugaan suap kepada oknum polisi oleh Fredy,” pungkas Semendawai. (Steve)

Comments

comments