Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Megapolitan » Kasus Gatot, BNN Diminta Periksa Artis Agar Bebas Narkoba
  • Follow Us!

Kasus Gatot, BNN Diminta Periksa Artis Agar Bebas Narkoba 

BERITA JAKARTA – Menyikapi tertangkapnya Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Gatot Brajamusti terkait penyalahgunaan narkoba, organisasi masyarakat Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB), meminta Badan Narkotika Nasional untuk melakukan pemeriksaan narkoba terhadap para artis.

Ketua Bidang Otonomi DPP Pekat Lisman Hasibuan bersama sejumlah anggota Pekat mendatangi kantor BNN, di Cawang, Jakarta Timur, untuk menyampaikan sikapnya. Ia diterima Kepala Bagian Humas BNN Komisaris Besar Slamet Pribadi.

Setelah bertemu Slamet, Lisman menyatakan, Pekat berharap BNN melakukan pemeriksaan urine terhadap artis anggota Parfi para artis Indonesia dalam rangka pemberantasan narkoba di kalangan artis.

“Kedatangan kami terkait tertangkapnya Ketua Umum Parfi, (yakni) Gatot. Makanya kami mendesak Pak Budi Waseso (Kepala BNN) dalam rangka pemberantasan nakoba kami minta supaya seluruh artis dan yang di Parfi untuk diperiksa. Itu yang kami minta BNN untuk ditindak lanjuti,” kata Lisman, kepada awak media, di kantor BNN, Jakarta Timur, Jumat (16/9/2016).

Pihaknya juga meminta pemeriksaan dilakukan terhadap crew film dan sutradara. Lisman menilai, potensi kalangan artis menggunakan narkoba tinggi, sehingga perlu upaya pencegahan. Bila ditemukan, dirinya meminta BNN untuk merekomendasikan yang bersangkutan agar direhebilitasi.

“Dan tidak boleh diizinkan melakukan aktivitas pekerjaannya sebagai artis, sutradara atau crew sebelum benar-benar sudah sembuh dalam rehabilitasnya di BNN,” ujar Lisman.

Lisman mengaku punya data oknum artis yang dicurigai sebagai penyalahguna narkoba. Ia menyatakan akan bekerja sama dengan BNN termasuk Bareskrim Polri mengenai hal ini. Sebagai langkah nyata, pihaknya menyebut akan melakukan operasi tes urine dengan melibatkan aparat berwajib menemui artis.

Upaya itu akan dilakukan tanpa mengganggu hak artis yang bersangkutan. “Mulai minggu depan, jadi langsung kita datangi. Ini akan dilakukan sampai mereka jera,” ujar Lisman.

Sementara itu, Kabag Humas BNN Komisaris Besar Slamet Pribadi menyambut baik niat ormas Pekat. Namun, BNN belum menentukan langkahnya apakah berupa sweeping terhadap artis atau lainnya. Slamet mengatakan, pihaknya menerima penyerahan surat berisi petisi dari Pekat tersebut. “Surat sudah masuk, langkah belum tahu,” ujar Slamet.

Meski demikian, BNN sudah bekerja mengangani masalah narkoba di kalangan artis. Bahkan, BNN punya duta dari kalangan artis yang bekerja untuk mensosialisasikan bahaya narkoba. “Kalau BNN sudah pro aktif sejak lama, di bawah Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Kita juga ada duta dari artis seperti Ayu Ting-ting dan Julia Perez,” ujar Slamet.

Namun, Slamet mengingatkan tidak semua artis berarti pemakai narkoba, melainkan oknum saja. “Ini oknum, bukan berarti semua. Masih ada yang baik dan berprestasi,” ujar Slamet. (Steve)

Comments

comments