Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, September 20, 2019
Halaman Home » Megapolitan » Humas BNN, Slamet Pribadi Imbau Artis Lakukan Tes Urine
  • Follow Us!

Humas BNN, Slamet Pribadi Imbau Artis Lakukan Tes Urine 

BERITA JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) mengimbau agar kalangan artis mau bersedia melakukan tes urine untuk mencegah masalah narkoba. Tak hanya artis, tetapi yang berkecimpung di insan perfilman seperti crew dan sutradara.

Hal tersebut menyikapi permintaan organisasi masyarakat Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB), yang meminta kalangan artis untuk diperiksa agar bebas narkoba.

“Saya berharap, orang yang disebut dalam petisi ini, dianjurkan orang tersebut melakukan pencegahan dini salah satunya tes urine, sebelum BNN bergerak ke sana,” kata Kepala Bagian Humas BNN, Komisaris Besar Slamet Pribadi, di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (16/9/2016).

Atau, lanjut Slamet, kalangan artis yang mau melakukan tes urine bisa mengundang BNN. Lembaga anti narkoba itu mengklaim sudah lama pro aktif memerangi narkoba di kalangan artis. Salah satunya melalui program artis yang jadi duta BNN untuk masalah narkoba.

Namun, soal masih ditemukannya artis yang memakai narkoba, BNN menilai hal tersebut menjadi bahan evaluasi bersama, termasuk masyarakat. Agar lebih peduli dan peka terhadap masalah penyalahgunaan narkoba di sekitarnya.

Tidak ada beda sanksi bagi publik figur yang menyalahgunakan narkoba dengan masyarakat umum lainnya. Termasuk terhadap pejabat yang menyalahgunakan narkoba. “Sanksi hukum sama dengan yang lain, artis pejabat sama,” ujar Slamet.

Bagi pengguna, sanksi biasanya berujung pada rehabilitasi. Berbeda dengan bandar, pengedar, atau kurir yang sanksinya lebih tegas seperti kurungan penjara atau pidana mati.

Ketua Bidang Otonomi DPP Pekat Lisman Hasibuan sependapat dengan imbauan Slamet. Sebelum sang artis tertangkap, ada baiknya mengikuti tes narkoba. “Kalau mereka enggak mau berarti kan tanda tanya,” ujar Lisman.

Tanpa menyebut siapa artisnya, Lisman mengklaim mengetahui siapa artis yang kategori pemakai narkoba. Pihaknya mengakui mengkomunikasikan hal ini kepada BNN dan Bareskrim. Dirinya berharap, artis Indonesia bisa bebas dari penyalahgunaan obat terlarang tersebut. (Steve)

Comments

comments