Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Rabu, Agustus 21, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Legislator Demokrat Ajak Masyarakat Amalkan Nilai Luhur Kebangsaan
  • Follow Us!

Legislator Demokrat Ajak Masyarakat Amalkan Nilai Luhur Kebangsaan 

BERITA MAGETAN – Upaya untuk mengajak masyarakat mengamalkan nilai-nilai luhur kebangsaaan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya dilakukan oleh Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Sartono Hutomo. Pria kelahiran Pacitan tersebut terus menyapa konstituennya di Dapil Jawa Timur VII untuk mengamalkan nilai luhur tersebut.

Bertemoat di Balai Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, kemarin, Sartono mengajak 200 orang peserta mengikuti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Acara dihadiri oleh Muspika Ngariboyo, yaitu Wakapolsek Iptu Srianto, SH, Danramil Kapt. Inf. Suwarno.

Tampak hadir pula Pjs Kades Mojopurno, Iswandi beserta segenap perangkat Desa Mojopurno. Juga segenap tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda warga masyarakat. Pada kesempatan itu Pjs Kades Mojopurno, Iswandi berharapdengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut, masyarakat akan lebih mengerti dan memahami makna kebangsaan secara keseluruhan melalui 4 pilar utamanya, yakni pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sartono yang diwakili oleh Imam Mahfud selaku staf ahli Sartono menjelaskan jika Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan merupakan program dari DPR/MPR RI.

“Ini adalah sebagai memberikan pemahaman, penegasan dan juga pendalaman tentang idologi yang menjadi dasar dari bangsa Indonesia,” kata Imam Mahfud.

Lebih lanjut, dia menjelaskan dengan adanya program ini diharapkan bisa memupuk rasa nasionalisme, patriotisme dan jiwa rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap keutuhan NKRI dan terjaganya kesatuan dan kesatuan rakyat.

“Kami falam setiap pelaksanaan selalu menggandeng institusi Kepolisian dan TNI sebagai garda depan kamtibmas dan juga penjaga pertahanan negara Indonesia,” terangnya.

Menurutnya, selain pada ranah teori dan juga pengetahuan, nilai nilai dan semangat yang terkandung dalam 4 pilar kebagsaan harus mampu di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari skup terkecil keluarga, lingkungan, masyarakat dan seterusnya.

“Kegiatan ini Insya Allah akan terus dilakukan guna menciptakan kesadaran berbangsa dan bernegara yang baik di kalangan masyarakat terutama generasi muda,” harapnya.

Sementara materi Pancasila dan UUD 1945, serta implementasinya dalam kehidupan bermasyarakat disampaikan oleh Wakapolsek Iptu Srianto, SH. Sedangkan materi NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam bermasyarakat dipaparkan oleh Danramil Ngariboyo Kapt. Inf. Suwarno. (Muh. Nurcholis)

Biro Ponorogo

Comments

comments