Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Berita Daerah » Antisipasi Tahanan Kabur, Pengawasan Mapolres Tegal Kota Diperketat
  • Follow Us!

Antisipasi Tahanan Kabur, Pengawasan Mapolres Tegal Kota Diperketat 

BERITA TEGAL – Guna meminimalisir kejadian tahanan kabur, jajaran kepolisian Resor Tegal Kota Jawa Tengah kini terus melakukan peningkatan pengawasan dengan rutinitas pengecekan dan penggledahan ruang tahanan, baik itu di wilayah rumah tahanan maupun lingkungan Mapolres Tegal Kota sendiri. Tak terkecuali di jajaran sektor pun kini mulai diawasi.

Kepada Beritaekspres.com Kapolres Tegal Kota AKBP Firman Darmansyah SIK mengatakan sebenarnya pengecekan sudah rutin dilakukan dalam setiap pergantian tugas sehari-hari, namun kita tetap meningkatkan pengawasan.

“Pengecekan ini selain mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti bobol ruang tahanan untuk melarikan diri juga agar dapat diketahui bila ada tahanan yang sakit agar segera mendapatkan pertolongan maupun pengobatan,” tegasnya, Senin (8/8/2016).

Jangan sampai di dalam ruang tahanan tersebut terdapat barang-barang ataupun alat yang bisa dipergunakan sebagai sarana untuk kabur. Masing-masing tahanan juga dicek kondisi kesehatannya. Termasuk barang berbahaya seperti narkoba maupun senjata tajam.

”Sementara selain rutin dilakukan oleh perwira pengawas (pawas) tahanan, anggota piket SPKT dan anggota Provost dalam setiap pergantian serah terima tugas dan tanggungjawab juga memiliki tugas yang sama, yakni pengecekan tahanan. Tak terkecuali, pengawasan juga melalui kamera CCTV. Namun demikian, pengecekan secara manual juga wajib dikerjakan,” paparnya.

Dengan adanya pengecekan rutin ini diharapkan menjadi persoalan sendiri bagi para tahanan yang memiliki misi kabur. Karena itu, pihaknya meminta kepada KSPK di semua polsek di wilayah hukum Polres Tegal Kota untuk mengawasi betul barang yang hendak dibawa saat membesuk tahanan.

“Karena lemah tidaknya pengawasan pengunjung maupun tamu, dimulai dari penjagaan. Makanya, dalam pengawasan dan pemeriksaan khususnya pengunjung tahanan harus bisa berlapis. Termasuk ketika menemukan adanya kejanggalan bisa segera melakukan kordinasi dengan bagian reskrim,” paparnya.  (Boy Rasta)

Biro Tegal

Comments

comments