Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Jumat, Desember 6, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Front Nelayan Bersatu Geruduk Kantor Satker PSDKP
  • Follow Us!

Front Nelayan Bersatu Geruduk Kantor Satker PSDKP 

BERITA TEGAL – Massa nelayan yang tergabung dalam Front Nelayan Bersatu (FNB) menggeruduk kantor Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tegal Sari Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2016) kemarin. Nelayan menuntut agar Pemerintah tidak melakukan pembatasan jumlah kapal cantrang di Perairan Natuna Kepulauan Riau.

Kepada Beritaekspres.com, Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, H. Thambari Gustam mengatakan, kedatangan nelayan ke kantor satker, lantaran instansi itu merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. Menurutnya, nelayan siap mematuhi aturan yang diberlakukan, namun menolak pembatasan jumlah kapal nelayan

“Kami siap ditempatkan di Laut Natuna demi menjaga keutuhan NKRI dan siap mematuhi aturan dan UU yang berlaku. Namun jika, dibatasi hanya 400 kapal di sana kami menolak keras. Jadi, sebisa mungkin tidak dibatasi,” katanya.

Nelayan juga meminta agar pelanggaran administrasi yang dilakukan nelayan tidak dimasukan dalam kasus pidana yang akan sangat merugikan nelayan. Selain itu, pihaknya berharap agar seluruh aparat terkait untuk memberikan rasa nyaman kepada nelayan. “Kami juga meminta agar izin cantrang bisa berlaku secara nasional,” tandasnya.

Kepala Satker PSDKP Tegal Sari, Yetik Puspitasari mengatakan aspirasi nelayan akan disampaikan ke pusat. Pasalnya, sampai sekarang belum ada tembusan apapun terkait kapal-kapal yang akan ke natuna. “Apapun keputusan dari pimpinan, merupakan tugas kami untuk melaksanakannya. Kami siap membantu dengan catatan tidak menyalahi aturan,” tegasnya.

Yetik menegaskan instansinya juga berharap semoga tidak ada pembatasan kuota kapal nelayan. Sebagaimana yang diharapkan nelayan Kota Tegal. (Boy Rasta)

Biro Tegal

Comments

comments