Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Selasa, Desember 10, 2019
Halaman Home » Berita Daerah » Menteri Agraria Serahkan 240 Sertifikat HGB Kepada PKL
  • Follow Us!

Menteri Agraria Serahkan 240 Sertifikat HGB Kepada PKL 

BERITA SEMARANG – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baladan yang didampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyerahkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) kepada 240 PKL yang terhimpun dalam organisasi persatuan pedagang dan jasa (PPJ).

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di shelter PKL Taman Suryo Kusumo Kelurahan Tlogosari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, Sabtu (25/6/2016) kemarin.

“Penyerahan sertifikat HGB ini dalam rangka penataan PKL, dimana sebelumnya para pedagang berjualan di jalan pinggir selokan Tlogasari. Kemudian ditata dan ditempatkan di shelter Taman Suryokusumo Tlogosari,” ujar Ferry.

Menurutnya sertifikat HGB tersebut berdasar rekomendasi dari Pemkot Semarang, yang mana  PKL sudah menempati area selama 3 tahun. Dari rekomandasi itu maka Kementerian Agraria mengeluarkan HGB selama tiga tahun.

“Di Tangerang hanya dua tahun. Karena Pemda hanya memberikan dua tahun,” kata dia.

Sementara Sekretaris Persatuan Pedagang dan Jasa, Suwandi mengatakan, sertifikat HGB yang didapatkan tersebut bisa digunakan untuk jaminan di bank. Namun sebagaimana keterangan Pemkot Semarang bahwa sertifikat hanya bisa diagunkan pada bank pemerintah saja.

Salah satu pedagang, Yani (50) menuturkan bahwa dalam mengurus sertifikat ini gratis, tidak dipungut biaya apapun. Akan tetapi setelah dirinya menempati di lokasi Taman Suryokusumo omset menjadi turun.

Yani mengaku masih berjualan di pinggir sungai walaupun kadang harus kejar-kejaran dengan petugas satpol PP. Kadang ia menunggu hingga petugas satpol PP pulang baru mulai berjualan. Namun keadaan seperti itu hanya sampai lebaran saja. Karena setelah lebaran harus  kembali ke Taman Suryo Kusumo. (Nining)

Biro Semarang

Comments

comments