Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Minggu, Februari 17, 2019
Halaman Home » Entertainment » Yon, Sang Maestro Burung Perkutut Kembali Berkiprah
  • Follow Us!

Yon, Sang Maestro Burung Perkutut Kembali Berkiprah 

BANYUWANGI Yon sang maestro juara burung perkutut yang lahir di panakaran, Desa Plampang, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini, terus berkiprah menyalurkan hoby dan kecintaannya terhadap burung, Kamis (16/6/2016). Tidak sedikit cikal bakal bermunculan jadi sang juara dari tempat penakaran miliknya.

Nama asli Hadiwiyono yang biasa dipanggil Yon ini, dulunya hanya pecinta burung ocehan. Namun selang berjalannya waktu Bapak yang sudah tidak muda lagi itu, mulai merambah ke burung perkutut dari awal burung ocehan. Awalnya hanya pemain lomba tidak ada keinginan untuk beternak sejak tahun 1986.

Pak Yon begitulah sapaan sehari-harinya ini bermula beternak hanya dua kandang dengan percobaan silang bangkok dan lokal. Setelah lima tahun baru mulai menambah menjadi 4 kandang dan sampai sekarang ia mempuyai kandang super 10 dan puluhan kandang education.

Menurutnya, perawatan yang super hati – hati dan kebersihan kandang juga memang dari sepasang burung indukan yang berkualitas bagus itu, akan membawa anakan yang berkwalitas juga, meski suaranya tidak selalu sama dengan indukannya yang pernah menjadi juaara.

“Susahnya dalam menciptakan burung yang berkwalitas suara bagus, meskipun induknya pernah menjadi juara. Selama ini, penelitian saya, memang bukan faktor keturunan 100%, tapi itu bakat alam,” terangnya.

Selama perjalanan, penakaran milik pak Yon ini tidak semulus perkiraan kita dan sekelompok komunitas. Tahun 1996 pak Yon sempat berhenti tidak menakarkan lagi lantaran habis dicuri orang dan pak Yon hanya beternak ayam. Setelah itu, mulai lagi tahun 2011 juga bergabung dengan P3SI (Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia )di tahun 2014 lalu kembali mengembangkan sampai sekarang.

Pak Yon sendiri tidak pernah memasarkan tapi sekomunitas tahu kalau ring pak Yon sering naik juara. Dari situ banyak orang yang tahu sampai luar pulau seperti NTB, Mataram, Bali, Surabaya dan Yogya yang mengetahui pasti akan datang untuk membeli dengan harga yang relatif. (Rony)

Biro Banyuwangi

Comments

comments