Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Sabtu, Februari 29, 2020
Halaman Home » Entertainment » Mike Tyson Ikut Usung Peti Jenazah Muhammad Ali
  • Follow Us!

Mike Tyson Ikut Usung Peti Jenazah Muhammad Ali 

BERITA LOUISVILLE – Prosesi pemakaman petinju legendaris Muhammad Ali, digelar di kediamannya, di Louisville, Amerika Serikat. Pada rangkaian upacara, terdapat sesi pembacaan ayat suci Al Quran oleh Hamzah Abdul Malik, untuk mendoakan Ali, Sabtu (11/6/2016).

Seluruh tamu yang hadir tampak khidmat mendengarkan lantunan bacaan ayat Al Quran tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan arti ayat-ayat Al Quran itu oleh Ayah Kutman, generasi kedua imigran Suriah. Sebelumnya, para tamu telah mendengarkan pidato perpisahan untuk mengenang Ali yang disampaikan oleh mantan presiden AS, Bill Clinton.

Sekitar 100 ribu orang diperkirakan menghadiri upacara dan menyaksikan langsung prosesi pemakaman Ali. Para tamu yang hadir dalam pemakaman di antaranya adalah Valerie Jarret, Penasihat Senior Presiden AS Barack Obama, Raja Yordania Abdullah II, aktor Bill Crystal, Will Smith, dan Arnold Schwarzenegger.

AProsesi pemakaman dimulai pukul 10.35 waktu setempat, atau terlambat satu jam dari jadwal seharusnya. Peti jenazah Ali akan dibawa ke beberapa tempat, di antaranya rumah masa kecil Ali, the Ali Center, the Center for African American Heritage dan Muhammad Ali Boulevard.

Petinju ternama dunia, Mike Tyson, masuk dalam daftar pengusung peti jenazah Muhammad Ali pada menit-menit terakhir. Tyson sengaja membatalkan acara pentingnya di Las Vegas demi menghadiri pemakaman Ali. Seperti dilansir, Daily Mail, dan ESPN,  Tyson mengambil penerbangan malam hari dari Las Vegas menuju Louisville, Kentucky, pada Kamis (9/6) malam waktu AS, demi menghadiri pemakaman Ali yang sangat dihormatinya.

Dituturkan juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell, bahwa Tyson awalnya tidak yakin jika dirinya bisa menghadiri pemakaman Ali pada Jumat (10/6) siang waktu AS, karena dirinya sudah memiliki acara yang sangat penting. Gunnell juga menyebut, Tyson sangat emosional ketika mengetahui Ali meninggal dunia pekan lalu.

rMenurut Gunnell, Tyson mengaku tidak yakin dirinya mampu menahan emosi dan kesedihan jika menghadiri prosesi pemakaman Ali nantinya. Namun tampaknya Tyson memutuskan membatalkan acara penting itu di menit-menit terakhir demi terbang ke Louisville. “Kesedihan Mike sangat mendalam ketika dia pergi ke Arizona (lokasi Ali meninggal dunia) dan Lonnie (istri mendiang Ali) mengundangnya hadir jika dia bisa,” ucap Gunnell.

Selain Tyson, petinju asal Inggris Lennox Lewis dan aktor Hollywood Will Smith juga menjadi pengusung peti jenazah Ali. Lewis, yang juga juara tinju kelas berat ini mengidolakan Ali dan menjadi teman dekatnya selama bertahun-tahun. Sedangkan Smith pernah memainkan karakter Ali dalam film berjudul ‘Ali’ tahun 2013 lalu. Petinju ternama AS lainnya, George Foreman, yang dua kali menjadi juara tinju kelas berat dunia, juga ikut mengusung peti jenazah Ali.

Sebelum dibawa ke kompleks pemakaman Cave Hill di Louisville, jenazah Ali akan diarak keliling kota sebelum dimakamkan secara privat. Sedangkan memorial untuk mengenang Ali akan digelar di KFC Yum! Centre yang digelar terbuka untuk publik. (Ibnu)

Comments

comments