Referensi, Berita Hukum, Politik dan Pemerintahan|Senin, Desember 9, 2019
Halaman Home » Pendidikan » Panlok 58 Jember Himbau Peserta Cek Lokasi Ujian SBMPTN 
  • Follow Us!

Panlok 58 Jember Himbau Peserta Cek Lokasi Ujian SBMPTN  

BERITA JEMBER –  Panitia Lokal (Panlok) 58 Jember menghimbau agar peserta ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, mengecek lokasi ujian masing-masing. Pasalnya peserta yang akan mengikuti ujian berjumlah 11.947 orang, sehingga lokasi ujiannya tersebar di beberapa lokasi, selain di Kampus Tegalboto.

“Pengalaman tahun-tahun sebelumnya selalu ada peserta yang kebingungan mencari lokasi ujian saat hari H. Oleh karena itu pada hari, Senin (30/5) kemarin, para peserta sudah mengecek lokasi ujian masing-masing, terutama peserta yang berasal dari luar Kota Jember,” ujar Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember di sela-sela persiapan pelaksanaan ujian SBMPTN.

Mengingat kapasitas ruang di kampus Tegalboto hanya sanggup menampung enam ribuan peserta, maka Panlok 58 Jember meminjam ruangan di sekolah dan kampus yang ada di seputaran Universitas Jember. Ruang sekolah dan kampus yang digunakan antara lain Universitas Muhammadiyah Jember, Akademi Kebidanan Bina Husada, SMKN 4, dan SMPN 10 untuk kelompok ujian Saintek.

Sementara, lokasi di SMAN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMA Muhammadiyah 3, STIE Mandala, STIKES dan Akademi Kebidanan dr. Soebandi menjadi lokasi ujian kelompok Soshum. Sedangkan SMK Yapeni, SMA Pahlawan, STIPER dan STIE Dharma Nasional menjadi lokasi kelompok ujian Campuran. Total ada 480 ruangan yang disiapkan oleh Panlok 58 Jember, terdiri dari 209 ruangan untuk kelompok ujian Saintek, 195 ruangan untuk kelompok ujian Soshum, dan 76 ruangan untuk kelompok ujian Campuran.

Selain itu, Agung Purwanto juga mengingatkan para peserta SBMPTN 2016 agar tidak lupa membawa kartu peserta SBMPTN dan menyiapkan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU), serta identitas diri seperti KTP atau SIM. “Untuk SKL dan SKHU bisa meminta pada kepala sekolah masing-masing, dan jangan lupa diberi foto,” katanya lagi.

Untuk diketahui, selain menyelenggarakan ujian berbasis kertas atau Paper Based Test, Panlok 58 Jember juga dipercaya untuk menyelenggarakan Computer Based Test. Khusus untuk peserta Computer Based Test, berjumlah 100 orang yang akan dipusatkan di Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Selain mempersiapkan ruangan ujian, Panlok 58 Jember juga telah menyiapkan pengawas ujian. “Untuk peserta sejumlah 11.947 orang, kami menyiapkan tidak kurang 1.200 pengawas, karena sesuai aturan setiap 20 peserta akan diawasi oleh 2 pengawas. Jumlah tersebut belum termasuk pengawas cadangan,” tutur Agung Purwanto.

Selain menyiapkan pengawas ujian, Panlok 58 Jember juga menyiapkan pendamping khusus mengingat pada ujian SBMPTN 2016 yang digelar Selasa, 31 Mei 2016 nanti ada tiga peserta berkebutuhan khusus.

“Kami mendapatkan laporan ada dua peserta kelompok ujian Soshum yang berkebutuhan khusus, yakni tuna rungu dan tuna netra. Sementara satu peserta kelompok ujian Saintek adalah tuna daksa. Nanti akan ada pendamping bagi mereka bertiga.” Tandas Agung Purwanto. (iim/hen)

Biro Jember

Comments

comments